Home Parigi Moutong

Gratis Kuliah, Lulus Langsung Kerja Digaji Rp8 Juta

Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu. (Foto: Istimewa)
  • Politeknik KP

Parimo, Metrosulawesi.id – Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengungkapkan, perguruan tinggi Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Parigi Moutong secara permanen direncanakan dibangun di Desa Poli Kecamatan Tinombo Selatan.

“Politeknik ini bukan milik saya, tapi ini milik masyarakat Parigi Moutong, dimana Politeknik Kelautan dan Perikanan ini akan dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP) di Desa Poli dan perkuliahannya dibagi yakni D1 dan D2 perkuliahannya di pantai Mosing. Sedangkan D3 dan D4 bertempat di kampus Politeknik desa Poli,” kata Samsurizal Tombolotutu, Sabtu 13 Februari 2021.

Lanjut dia, taruna taruni Politeknik Parigi Moutong yang lulus menempuh studi akan langsung disalurkan atau dipekerjakan di dua perusahaan tambak udang yang ada di Parigi Moutong.

“Mereka setelah tamat langsung dipekerjakan di tambak udang di Sijoli dan Tomoli. Untuk D1 dan D2 gajinya 4 juta. Sedangkan D3 dan D4 gajinya 8 juta. Cukup menggiurkan,” kata Samsurizal.

Dia mengatakan, taruna taruni selama belajar di Politeknik akan diasramakan dan makananya ditanggung oleh Kementerian KKP.

“Kalau ada anak kita silahkan sekolahkan di Politeknik KP Parigi Moutong nanti. Tidak dipungut biaya alias gratis, hanya 6 sampai 8 bulan saja,” terang Samsurizal. Ia menambahkan, bahwa Parigi Moutong diberikan jatah atau mempersiapkan alumni sebanyak 600 orang dan dibagi menjadi dua yakni 300 orang di Perusahaan tambak udang di Desa Tomoli dan 300 orang di perusahaan tambak udang Desa Sijoli.

“Mudah mudahan ini berkembang terus, sehingga masyarakat dan anak anak kita bisa dapat lapangan kerja,” tuturnya. (zul/rls)

Ayo tulis komentar cerdas