Home Nasional

AMA Competition Nasional Berakhir, Pemenang Banyak dari Luar Sulteng

FOTO BERSAMA - Sejumlah panitia lomba saat foto bersama dengan Ketua Yayasan Al Azhar Mandiri Palu, Abdul Basit, di ruangan perpustakaan, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Al Azhar Mandiri (AMA) Competition tingkat nasional khusus untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas IV, V, dan VI telah selesai. SMP Al Azhar Mandiri Palu telah mengumumkan sejumlah pemenang lomba di ajang nasional tersebut.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Dede Kurniawan mengatakan, yang berhasil meraih juara satu kategori lomba IPA berasal dari SD Citra Islami Banten, di Juara II berasal dari SDN 5 Peguyangan, Denpasar, Bali dan Juara III, SD Pius Pekalongan Jawa Tengah.

“Selanjutnya kategori lomba Bahasa Inggris Juara I dari SD Xaverius 2 Palembang, dan Juara II SD Citra Islami Banten, dan Juara III SDN 3 Palu. Sementara kategori IPS semuanya yang meraih juara semuanya berasal dari Provinsi Sulteng, sementara untuk ketogory Matematika dan Puisi itu di raih dari provinsi lainya di Indonesia, seperti dari Samarinda, Palembang, Cirebon, dan Surakarta,” jelas Dede, di Palu, Senin, 15 Februari 2021.

Dede mengatakan, yang meraih juara satu diberikan hadiah uang pembinaan sebesar Rp1 juta, juara kedua Rp750 ribu, serta ketiga sebanyak Rp500 ribu. Selain itu pihak panitia lomba juga menawarkan beasiswa kepada pemenang lomba juara I di bidang Matematika dan IPA.

“Kebetulan yang meraih juara satu semuanya dari luar provinsi Sulteng, kami tetap tawarkan seandainya mereka bersedia bersekolah di Palu, tentunya mereka akan mendapatkan beasiswa bersekolah di SMP Al Azhar Mandiri Palu, tetapi jika tidak bersedia maka beasiswanya tidak bisa diuangkan,” ungkapnya.

Dede mengatakan, selama dilaksanakan lomba tentunya ada kendala terjadi seperti jaringan, namun ini dapat diantisipasi karena hanya kendala teknis.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan Yayasan Al Azhar Mandiri Palu, dan Insyaallah kita tahun depan masih merancang bukan hanya tingkat SD saja yang diikutkan lomba, tetapi kita akan buat tingkat SMP, dan soalnya nanti yang buat dari rekan-rekan guru di SMA Al Azhar,” ujarnya.

Dede mengaku, event nasional ini sangat diapresiasi oleh sejumlah sekolah, salah satunya MIN 2 Nganjuk dari Jawa Tengah, kepala sekolahnya memberikan apresiasi kepada Al Azhar Mandiri Palu, sebab mereka mengaku jarang ada lomba diadakan pada masa pandemi ini, khususnya lomba bidang seni seperti baca puisi untuk anak-anak SD/MI.

“Menurut mereka, dengan adanya lomba ini tentunya bisa meningkatkan lagi semangat siswa untuk belajar dan berkompetisi, yang selama ini mereka hanya belajar secara online,” kata Dede.

Dede berharap event nasional ini dapat menumbuhkan kembali semangat siswa untuk mengukir prestasi di masa pandemi.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas