Home Banggai

Tidak Miliki Izin Keramaian, Resepsi Pernikahan Dibubarkan

9
DIBUBARKAN - Pihak kepolisian sector batui bersama pemilik pesta memngumpulkan kursi usai membubarkan diri. (Foto: Dok. Polsek Batui)
  • Upaya Polsek Batui Terus Disiplinkan Prokes ke Masyarakat

Banggai, Metrosulawesi.id – Ditengah Masa Pandemi COVID-19, masih ada juga warga yang nekat menggelar acara yang mengundang banyak orang, serta tidak memperhatikan protocol kesehatan(Prokes), yang akhirnya Pihak Kepolisian terpaksa harus turun langsung membubarkan acara yang memang tidak mengantongi izin keramaian itu.

Seperti yang terjadi di Wilayah Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Batui, Polres Banggai, Kamis, 11 Februari 2021, terpaksa bertindak tegas membubarkan salah satu acara resepsi pesta pernikahan yang berada di Dusun Seseba, Desa Honbola Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Kapolsek Batui Kapolsek Batui  IPTU I Ketut Yoga Widata SH, kepada wartawan Metrosulawesi, Minggu 14 Februari 2021, melalui telefon menjelaskan bahwa pihaknya memberhentikan satu acara resepsi pernikahan yang dilangsungkan oleh warga di Dusun Seseba, sekitar pukul 21.00 WITA, Kamis 11 Februari 2021.

Penghentian itu dilakukan berdasarkan surat edaran Bupati Banggai Nomor : 443.1/0095/Dinkes, Tanggal 25 Januari 2021 tentang larangan dan pembatasan segala bentuk kerumunan pencegahan COVID-19 di Kabupaten Banggai.

“ kami mendapat informasi dari masyarakat yang menyatakan bahwa akan ada pesta pernikahan di salah satu desa di Kecamatan Batui.Atas informasi itu, Kami langsung menuju ke lokasi untuk memastikanya,” ucapnya.

Setibanya di lokasi, kata Yoga, pihaknya langsung berkoordinasi dengan penanggung jawab resepsi pernikahan dan menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak mendapatkan izin keramaian.

“Sebab selama pandemi COVID-19 Polisi dalam hal ini Polsek Batui, tidak mengeluarkan ataupun menerbitkan surat izin keramaian,” tegasnya.

Yoga juga mengatakan bahwa, setelah melakukan koordinasi dengan keluarga yang melangsungkan acara tersebut, dirinya melalui pengeras suara menyampaikan kepada seluruh tamu undangan dan tuan pesta, bahwa kegiatan resepsi pernikahan atau kegiatan lainnya yang sifanya dapat mengumpulkan orang banyak dilarang selama dalam situasi Covid-19.

“Setelah mendengarkan penjelasan itu dari para tamu undangan dan tuan pesta mengerti dan meminta maaf karena telah melaksanakan kegiatan resepsi pernikahanan  dan langsung membubarkan diri,” tambahnya.  

“Untuk selanjutnya, tuan pesta akan kita undang ke Mapolsek Batui guna dimintai keteranganhya lebih lanjut,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas