Home Sulteng

Pemindaian Paspor Jemaah Haji 2021 Dimulai

10
Lutfi Yunus. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Sulteng, H. Lutfi Yunus mengaku telah menerima surat dari Kemenag RI untuk melakukan pengumpulan paspor jemaah haji untuk di scan (pemindaian) dalam rangka persiapan pemvisaan.

“Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, proses untuk persiapan penyelengaraan ibadah haji 2021 tetap berjalan,” kata Lutfi, saat dihubungi Metro Sulawesi, Minggu, 14 Februari 2021.

Lutfi mengatakan, jemaah haji yang mengajukan pembatalan dilakukan pelimpahan porsi kepada jemaah haji tersebut. Sampai saat ini sudah banyak dari kabupaten/kota melakukan pelimpahan.

“Saat ini pembinaan kepada jemaah tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya, bahkan kami saat ini sedang melakukan pembinaan haji di Touna. Jadi setiap saat dimana ada kesempatan dan waktu, tetap kita melaksanakan pembinaan,” ujarnya.

Yang jelas kata Lutfi, Direktorat Bidang Haji Seluruh Indonesia tetap mempersiapkan penyelengaraan ibadah haji sebagaimana biasanya, sebab belum ada kepastian informasi soal keberangkatan ke tanah suci.

“Kami sangat berharap di tahun ini jemaah haji bisa diberangkatkan. Sekedar informasi untuk jadwal wukuf di Arafah itu pada 19 Juli, bertepatan dengan 9 Dzulhijjah. Jemaah haji kita kalau kondisi sudah normal, itu sekitar 41 hingga 42 hari di Arab Saudi,” katanya.

Lutfi berharap kepada jemaah haji agar tetap memantapkan manasik hajinya.

“Kita harus berdoa dan berikhtiar, jemaah harus siap dan sabar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semacam pembatalan dan lainnya. Semoga masa pandemi Covid-19 ini segera berlalu sehingga semua aktivitas kembali normal seperti biasanya,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas