Home Parigi Moutong

9 Jabatan Kosong Bakal Dilelang

LANTIK - Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama, dan jabatan administrator di Pantai Lolaro Desa Tinombo kecamatan Tinombo, Rabu 10 Februari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Parigi Moutong Ahmad Saiful menerangkan, bahwa ada sembilan jabatan pimpinan OPD di instansi Pemda Parimo kosong, pasca pelantikan Jabatan Tinggi Pratama dan jabatan Administrator di lingkungan Pemda Parimo.

Terkait sembilan jabatan itu, BKPSDM Parimo menyatakan tengah menyiapkan dokumen pengusulan terkait lelang jabatan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Saat ini kami (BKPSDM) masih sementara menyiapkan dokumen terkait usulan lelang jabatan ke KASN. Sebab, dokumen-dokumen itu dibutuhkan terkait dengan sembilan jabatan yang kosong itu,” terang Saiful kepada sejumlah wartawan, Rabu 10 Februari 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parigi Moutong (Parimo) Ahmad Saiful saat diwawancarai wartawan. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Dia mengatakan, bahwa izin untuk pelaksanaan lelang jabatan itu sudah ada dan dimulai dengan pendaftaran, bagi siapa saja yang akan mendaftar nantinya, di posisi jabatan yang kosong itu.

“Untuk itu silahkan mendaftar para camat, kabag, sekretaris, atau eselon III  yang berminat untuk memilih satu atau dua jabatan, karena seorang eselon III itu bisa memilih dua jabatan,” ujar Saiful.

Dia menjelaskan, bahwa dalam satu lowongan jabatan itu, minimal lima pendaftar, dari lima yang mendaftar hanya tiga  yang dipilih melalui proses untuk diusulkan ke KASN nantinya. Apabila tidak cukup lima pendaftar, maka waktu pendaftaranya di perpanjang lagi. Dan dalam proses pendaftaran ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi. Karena hal itu nantinya, akan disampaikan pada saat pendaftaran.

“Mengenai lelang jabatan ini, kemarin kami sudah menyurat ke UNTAD untuk meminta tiga orang dari akademisi untuk menjadi anggota panitia seleksi (Pansel). Sehingga kami menunggu itu untuk dilampirkan ke KASN, yang menunjukan bahwa panselnya sudah siap,” jelas Saiful.

Ia menambahkan, bahwa panitia seleksi nantinya akan diketuai oleh Sekda Parimo, kemudian ditambah tiga orang akademisi, dan satu orang lainya perwakilan dari tokoh masyarakat.

“Sembilan OPD yang kosong saat ini yakni Dinas Kesehatan, Disdikbud, Koperasi dan UKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Satpol PP, Bappelitbangda, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Asisten II, dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata,” tuturnya.

Bupati Parimo Lantik Pejabat

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama, dan jabatan administrator di lingkungan Pemerintah daerah Parimo tahun 2021. Pelantikan tersebut bertempat di Pantai Lolaro Desa Tinombo kecamatan Tinombo, Rabu 10 Februari 2021 sore.

Pejabat eselon II yang dilantik yakni, Adrudin Nur (Inspektur Inspektorat Parimo); Arman Maulana (kepala Dinas Perhubungan); Jhoni Tagunu (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika).

Kamiludin Passau (kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah); Hartati (Sekretaris dewan sekretariat DPRD Parimo); Tri Wahyuni Borman (kepala Dinas Ketahanan Pangan); Sakti Lasimpala (kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik).

Idran (Kepala BPBD); Abd. Azis Tombolotutu (Kepala Dinas PUPRP); Masdin (kepala Badan Pendapatan Daerah).

Selanjutnya, Amir Sarifudin (kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan);  Armin (Asisten I Setda Parimo); Zulfinachri (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa); Fit Dewana (kepala Dinas Perizinan Terpadu satu Pintu). 

Sementara itu, Mahmud Tandju, jabatan lama Kepala Badan Kesbangpol, kini dilantik dalam jabatan baru sebagai staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik setda Parimo.

Selanjuntya, Nelson Metubun jabatan baru dilantik sebagai staf ahli bidang ekonomi pembangunan, dan kesejahteraan rakyat setda, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Kemudian, Mawardin jabatan lama kepala dinas perpustakaan dan arsip daerah kini menduduki jabatan baru sebagai staf ahli bidang sumber daya manusia, pengembangan kawasan dan wilayah dilingkup Setda Parimo.

Revy Tilaar jabatan sebelumya asisten II setda Parimo kini menduduki jabatan baru sebagai Direktur Rumah Sakit Anuntaloko Parigi.

Selaun itu, jabatan administrator yang dirotasi oleh Bupati yakni, Hayati Sawa Dape jabatan baru Camat Palasa, Tri Nugrah Adyartha jabatan lama kepala bidang rekonstruksi dan rehabilitasi BPBD Parimo, kini dilantik menjadi Camat Tinombo, Darwis Sududi jabatan baru kepala bagian hukum dan perundang-undangan Setda, Abdul Malik Ibrahim, jabatan baru kepala Bagian Umum Setda Parimo, selanjutnya I Nyoman Adi jabatan lama Sekretaris BPBD Parimo, kini dilantik dalam jabatan baru sebagai Sekretaris Dinas PUPRP, yang bertukar posisi dengan Rivai, ST. Dalam kesempatan itu, Samsurizal meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab.

“Saya percaya bahwa, saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan tanggungjawab, yang diberikan kepada saudara-saudara sekalian,” ungkap Samsurizal.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas