Home Palu

Untad Kembangkan Performa Website Antisipasi Peretasan

11
SAMBUTAN - Rektor Prof Mahfudz menyampaikan sambutan saat sosialisasi pengembangan website Siakad Untad di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako. (Foto: Dok Humas Untad)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Mahfudz MP, mengantisipasi peretasan website Sistem Informasi Akademik (Siakad) terulang. Untad berbenah dengan menjadikan kasus peretasan yang pernah terjadi sebagai evaluasi untuk memperbaiki performa website.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui sosialisasi bertujuan pengembangan website Siakad. Sosialiasi berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran Untad, Senin, 8 Februari 2021. Untad menghadirkan pakar software, Dr Rizal Mahmud, sebagai narasumber sosialiasi. Rektor Untad, Prof Mahfudz MP, mengungkapkan pembenahan dilakukan dari dua hal yaitu teknis dan manajemen.

“Perlu saya garis bawahi bahwa ada dua peristiwa yang menginspirasi kita segera melakukan penataan baik dari sisi teknis maupun manajemen. Pertama, kejadian saat Siakad kita dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi dengan cara yang tidak terpuji. Kedua, terjadinya penumpukan Mahasiswa di UPT TIK dan Bank Mitra di tengah kondisi Covid-19,” ungkap Prof Mahfudz.

Olehnya dikatakan, saat ini Untad telah memiliki sofware baru untuk mendukung performa website Siakad agar tak mudah diretas oknum tidak bertanggung jawab. Diakui, selama ini sofware yang ada cenderung lemah.

“Dengan adanya software baru ini merupakan langkah yang positif untuk kita. Software yang kita pakai sebelumnya masih cenderung lemah sehingga bisa dengan mudah diakses dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Saya berharap kedepannya, dengan software baru kali ini, UPT TIK dapat semakin fokus untuk menata teknologi informasi yang kita butuhkan,” ucap Rektor.

Rektor mengharapkan UPT TIK melakukan koordinasi ke bagian administrasi akademik Untad terkait pembayaran UKT (uang kuliah tunggal).

“Perlu ada diskusi kembali antara administrasi akademik dengan UPT TIK untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi di administrasi akademik kita. Hal ini perlu saya sampaikan sebagai renungan untuk kita semua agar bisa bekerja kedepannya dengan penuh tanggung jawab. Besar harapan agar software kali ini akan semakin lebih baik dan tidak mudah diretas oleh pihak luar,” harap Prof Mahfudz.

Dengan begitu diingini pembayaran UKT ke depan tidak lagi menumpuk di UPT TIK dan pelayanan bank mitra untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19. Adapun sosialisasi diikuti Warek Akademik, Wadek Akademik, Wakil Direktur Bidang Akademik Pascasarjana, Kepala UPT TIK dan admin di setiap prodi Untad.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas