Home Palu

Satlantas Polres Palu Gencar Razia Knalpot Bogar

19
Personel Satlantas Polres Palu, saat melakukan razia terhadap kendaran sepeda motor yang mengunakan kenalpot bersuara bisiang. (Foto: Dok. Satlantas Polres Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Palu semakin intens melaksanakan razia terhadap kendaraan bermotor jenis roda dua yang menggunakan knalpot bersuara bising atau biasa disebut knalpot bogar.

Seperti yang terlihat pada Rabu, 10 Februari 2021, di persimpangan lampu merah Jalan Juanda- Jalan Moh.Yamin- Jalan Sisingaraja- Jalan Veteran Kota Palu, sejumlah personel Satlantas melakukan razia terhadap sepeda motor yang kedapatan menggunakan knalpot bogar.

Kasat Lantas Polres Palu, IPTU Cahya Timur Ambonia SIK, kepada wartawan Metrosulawesi saat ditemui di Mapolres Palu menjelaskan, razia knalpot bersuara bising (bogar) itu rutin dilaksanakan, saat di persimpangan lampu lalu lintas atau pun saat razia KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan).

“Bahkan satiap personel Sat Lantas Polres Palu kalau menemukan pelanggaran di jalan bisa juga langsung dilakukan penindakan,” tambahnya.

Timur juga mengatakan, kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bersuara bising tersebut sudah sangat meresahkan dan dikeluhkan masyarakat.

Timur Ambonia menjelaskan, penggunaan knalpot bogar melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pada Pasal 285 disebutkan knalpot laik jalan merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan dikemudikan di jalan.

Bunyi Pasal 285 Ayat (1) setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

“Atas pasal itu, kami pihak kepolisian bisa menilang pengendara motor yang menggunakan knalpot tidak memenuhi syarat laik jalan. Bahkan bila tanpa menggunakan alat pengukur kebisingan suara,” tegasnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas