Home Ekonomi

Poso Belum Penyesuaian Harga Elpiji 3 Kg

14
ILUSTRASI - Tabung gas elpiji. (Foto: Dok. Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.id –¬†Pemerintah menetapkan harga patokan elpiji 3 kilogram (kg), melalui dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 253.K/12/MEM/2020 tentang Harga Patokan Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram.

Dalam diktum kesatu Kepmen tersebut, menyatakan harga patokan elpiji 3 kg ditetapkan berdasarkan harga indeks pasar (HIP elpiji tabung 3 Kg) yang berlaku pada bulan yang bersangkutan ditambah biaya distribusi dan margin.

Disebutkan juga, formula harga patokan tersebut dapat dievaluasi sewaktu-waktu dengan mempertimbangkan realisasi dari faktor yang mempengaruhi penyediaan dan pendistribusian elpiji 3 kg.

Kabupaten Poso hingga dikeluarkannya Peraturan Gubernur Nomor 2 Tahun 2021 tentang perubahan atas Pergub Nomor 11 Tahun 2014  tentang Harga Eceran Tertinggi ( HET) Liquefied Petroleum Gas tabung 3 Kg di Provinsi Sulteng belum mengikuti Pergub tersebut, sementara harga gas di pasaran masih mengikuti harga lama.

Kepala Bagian Ekbang Pemda Poso Amos Mondolu, SE kepada wartawan Rabu 10 Februari 2021 membenarkan bahwa di Kabupaten Poso terkait Pergub Sulteng soal HET gas tabung 3 Kg belum menyesuaikan, namun masih dengan HET lama.

“Kita sedang menyusun aturan penyesuaian terkait keluarnya Pergub tersebut, semoga pekan depan sudah akan menyesuaikan dengan HET sesuai Pergub, semoga hal ini dapat dimaklumi oleh distributor bersama pengecer,” tegasnya.

Ditanya apakah hal ini tidak akan memicu permainan HET yakni daerah lain seperti Kabupaten Parigi sudah menerapkan Pergub kenaikan tabung gas elpiji, artinya kondisi ini akan ada permainan dimana tabung gas elpiji di Poso akan semakin berkurang dan keluar daerah dikatakan Amos, semoga hal ini tidak terjadi.

“Kita akan upayakan sesegera mungkin untuk menyesuaikan HET tabung gas elpiji 3 Kg,” ungkap Amos.

Sebagaimana diketahui, daftar harga Harga Eceran Tertinggi ( HET) LPG tabung 3 Kg di Provinsi Sulteng yang diatur dengan radius atau jarak dari supplay Point SPBE yakni 0- 60 Km dengan harga 18.000, selanjutnya 61- 120 Km harga 19.900 dan seterusnya.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas