Home Sulteng

PNS Pemprov Dominan Wanita

15
Asri. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kepegawaian Dearah (BKD) Provinsi Sulawesi Tengah mencatat PNS lingkup Pemprov Sulteng sebanyak 11.925 orang sampai akhir 2020. Dari jumlah itu, PNS Pemprov Sulteng didominasi kaum hawa.

“Dari 11.925 PNS Provinsi Sulteng pada tahun 2020, sebanyak 5.831 PNS pria dan 6.094 merupakan PNS wanita,” ungkap Kepala BKD Provinsi Sulteng, Asri, Rabu, 10 Februari 2021.

Namun sekalipun PNS wanita mendominasi, jika dirinci per-OPD ternyata hanya dominan di 16 OPD dari 50 perangkat daerah Pemprov Sulteng. Adapun di 34 OPD lainnya, PNS pria masih lebih banyak dari PNS wanita.

Asri menjelaskan data terbaru ini berdasarkan updating keadaan dan profil PNS di lingkungan Pemprov Sulteng. Updating ini telah didokumentasikan dalam bentuk buku berjudul “Statistik PNS Provinsi Sulawesi Tengah 2020”.

“Profil PNS yang dirilis dalam buku tersebut menjadi final data keadaan PNS Provinsi Sulteng pada tahun 2020,” ujarnya.

Buku tersebut telah didistribusikan ke perangkat daerah Provinsi Sulteng dan pihak terkait lengkap memuat profil PNS berdasarkan jenis kelamin, jabatan ASN, golongan ruang, dan jenjang pendidikan. Juga diketengahkan data PNS pemerintah kabupaten kota se-Sulteng.

Disayangkan, hingga proses cetak dimulai, terdapat empat kabupaten yang tidak memasukan detail data keadaan PNS kabupaten bersangkutan. Padahal informasi permintaan data sudah disampaikan sejak Oktober 2020

“Versi digital dari buku statistik PNS Provinsi Sulawesi Tengah 2020 bisa diunduh di fitur produk layanan web BKD Sulteng,” ucap Asri.

BKD Provinsi Sulteng sendiri telah mengusulkan formasi penambahan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2021. Asri mengungkapkan pengusulan formasi ASN dilakukan secara online sejak beberapa bulan lalu.

Formasi penambahan ASN yang diusulkan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk usulan CPNS Pemprov Sulteng tahun 2021 hanya formasi tenaga kesehatan dan tenaga tehnis. CPNS tenaga kesehatan diusulkan sebanyak 167 formasi sementara tenaga tehnis 62 formasi. Adapun untuk formasi guru melalui perekrutan PPPK diusulkan sebanyak 4.880 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 210 formasi, dan tenaga tehnis sebanyak 175 formasi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas