Home Sulteng

Disnakertrans Buka Pemagangan Kerja

27
Firdaus Abd Karim. (Foto: Istimewa)
  • Firdaus Imbau Masyarakat Segera Daftar

Palu, Metrosulawesi.id – Ini kesempatan bagi masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sedang mencari kerja. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng memberikan kesempatan kepada pencari kerja yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi penerimaan peserta program pemagangan kerja dalam negeri.

Kepala Disnaker Provinsi Sulteng melalui Kabid Pembinaan Pelatihan Perluasan Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Firdaus Abd Karim, menerangkan pemagangan yang dibuka untuk enam kejuruan yaitu perhotelan, menjahit, akuntansi, tata kecantikan, otomotif sepeda motor, dan desain grafis.

“Untuk seleksi kami serahkan ke FKJP (Forum Komunikasi Jaringan Pemagangan),” terang Firdaus kepada Metrosulawesi, Rabu, 10 Februari 2021.

Dia mengatakan pendaftaran telah dibuka mulai 8 Februari sampai 26 Februari mendatang. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui https://forms.gle/xynNBkJCQrNAbyKfA dan secara offline ke Kantor Disnakertrans Provinsi Sulteng Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Jalan R.A Kartini Nomor 98 Palu pada hari dan jam kerja.

“Program pemagangan dalam negeri Disnakertrans Provinsi Sulteng dibuka khusus masyarakat Sulawesi Tengah yang memenuhi persyaratan,” ucap Firdaus.

Firdaus merincikan persyaratan yang dimaksud terbagi dua yakni syarat umum dan syarat khusus. Untuk persyaratan umum yaitu dalam posisi pencari kerja dibuktikan dengan kartu AK1 dan tidak sedang menempuh pendidikan (sekolah/kuliah), pria dan wanita usia minimal 18 tahun.

Selanjutya, sanggup mengikuti pemagangan selama lima bulan yang terbagi satu bulan teori dan empat bulan praktik di perusahaan di Kota Palu. Yang terakhir, wajib menandatangani perjanjian pemagangan.

Untuk persyaratan khusus yaitu untuk pendaftar kejuruan otomotif sepeda motor dan perhotelan, calon peserta belum menikah dan umur maksimal 25 tahun. Untuk kejuruan desain grafis, calon peserta harus memiliki pengetahuan dasar-dasar komputer.

Selain itu, calon peserta yang mendaftar belum pernah mengikuti kegiatan pemagangan dalam negeri. Calon peserta diharuskan menyerahkan foto copy kartu identitas atau KTP, ijazah satu lembar, foto berwarna 3×4 sebanyak tiga lembar. Direncanakan seleksi wawancara pada 1-3 Maret 2021.

“Kalau untuk pengumuman hasil seleksi akan disampaikan tanggal 5 Maret 2021,” ujar Firdaus.

Firdaus berharap kesempatan ini dimanfaatkan masyarakat pencari kerja untuk mendapat ilmu, pengalaman, dan kesempatan direkrut di perusahaan/tempat magang dalam mengikuti program pemagangan. Manfaat lainnya, peserta akan mendapat honor selama mengikuti pemagangan. Olehnya, harus segera mendaftarkan diri karena kuota yang tersedia sangat terbatas.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas