Home Donggala

Susah Air Bersih, Ibu-ibu Mengadu ke DPRD

12
Kalbi. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Warga Dusun Kulolu Kelurahan Ganti, Donggala mendatangi kantor DPRD Donggala Selasa 9 Februari 2021.

Kedatangan warga yang mayoritas ibu rumah tangga itu dipimpin oleh Kalbi. Mereka mengadu ke DPRD terkait susahnya memperoleh air bersih untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

“Sudah lama kami dijanji pak dewan, kami adalah korban janji politik, kami dijanji akan dialiri air bersih tapi sampai sekarang tidak ada,” kata Kalbi di hadapan Ketua DPRD Donggaka Takwin dan Wakil Ketua II, Aziz Rauf.

“Bagaimana kami warga Kulolo mau menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan sedang air bersih tidak ada. Kami warga Dusun Kulolo adalah warga kabupaten Donggala juga yang butuh perhatian dari pemerintah,” ujarnya.

“Kami warga Dusun Kulolo merasa dikucilkan, kami meminta anggota DPRD memfasiliatsi kami pertemukan dengan PDAM dan Dinas PU, DPRD bukan dewan penghianat rakyat, anggota DPRD jangan berpikir saya tidak menang di dusun Kulolu, DPRD harus membantu kami,”sebutnya.

“Tolong pak dewan, ibu-ibu memasak dan mandi saja susah tidak ada air bersih, kami di Kulolo mayoritas nelayan, mandi hanya pake air laut saja, jadi tolong perhatikan kami,” harapnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua DPRD Donggala Takwin akan menindaklanjuti. Menurutnya persoalan air bersih di Dusun Kulolu sudah lama dan baru kali melapor atau mengadu secara resmi di DPRD.

“Kita akan mengagendakan pertemuan dengan pihak PU dan PDAM dalam waktu dekat ini,” kata Takwin.

Sementara itu Erlan, anggota DPRD yang berasal dari dapil I mengatakan persoalan air bersih di Dusun Kulolo bisa saja akibat ada informasi yang tidak sampai ke pemerintah. Sebab politisi asal Banawa Tengah ini menekankan bantuan air bersih untuk dusun Kulolo mencapai 1 miliar, tetapi realisasinya tidak ada.

“Selain persoalan PDAM, ada juga proyek dari PU itu untuk air bersih di Dusun Kulolo, sepengetahuan saya ada program sumur bor, penyulingan dan pengeboran, itu tadi saya katakan ada informasi yang tidak sampai ke pemerintah,” tutur politisi Gerindra.

Diketahui dusun Kulolu masuk wilayah Kelurahan Ganti. Dusun ini berada di pegunungan bersebelahan dengan Kelurahan Boneoge. Dusun Kulolu juga dikenal sebagai penghasil ikan batu.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas