Home Palu

Lilik Target Semua Satker Raih WBK

16
PENANDANTANGANAN - Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi (tiga dari kanan) didampingi jajaran dan pejabat terkait, menyaksikan penandatanganan deklrasi janji kerja dan pembangunan zona integritas, Selasa, 9 Februari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Deklarasi Janji Kerja dan Pembangunan Zona Integritas

Palu, Metrosulawesi.id – Jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng beserta unit satuan kerja (satker) menggelar kegiatan deklrasi janji kerja dan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kemenkumham Sulteng Jalan Dewi Sartika Palu, Selasa, 9 Februari 2021.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, membeberkan semua satker ditarget bisa meraih zona integritas WBK tahun 2021. Disebut, total satuan kerja di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sulteng sebanyak 17 satker.

“Baik Lapas (lembaga pemasyarakatan), Rutan (rumah tahanan negara), Bapas (balai pemasyaratan), Rupbasan (rumah penyimpanan benda sitaan negara), maupun imigrasi, harus menyusul WBK yang diraih kantor wilayah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) pada 2020,” ujar Lilik.

Dalam mewujudkan target ini membutuhkan peran dan komitmen masing-masing pimpinan satker. Lilik menegaskan kepala satker harus bisa menggerakkan jajaran atau bawahan untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Anda semua (kepala satker) kalau tidak mampu dalam tahun ini akan dievaluasi,” tegas Kakanwil.

Menurut dia, WBK sangat perlu diwujudkan karena ke depan tantangan terbesar adalah persoalan integritas. Birokrasi dikatakan harus dipastikan tidak lagi terpapar gratifikasi, pungli dan sejenisnya.

“Ini yang sangat saya harapkan agar kita sebagai ASN bisa sama-sama mewujudkan WBK dan WBBM,” ucap Lilik.

Diketahui, Kanwil Kemenkumham Sulteng meraih predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia pada akhir 2020.

Adapun deklarasi janji kinerja dan pembangunan zona integritas menuju WBK-WBBM merupakan salah satu cara menata kembali birokrasi pemerintahan yang berorientasi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Hal itu akan dilakukan dengan memotong jalur birokrasi yang selama ini terkesan berbelit-belit. Deklarasi yang dihadiri perwakilan Kejati, Polda, dan Ombudsman serta pejabat kantor wilayah dirangkai dengan syukuran atas keberhasilan Kanwil Kemenkumham Sulteng meraih WBK pada 2020.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas