Home Morowali

PLN Bungku Ungkap Penyebab Pemadaman Bergilir

12
Amirul Huda. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Maneger Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kantor PLN Bungku Kabupaten Morowali Amirul Huda mengungkapkan, dalam beberapa hari terakhir pada sejumlah jaringan aliran listrik didaerah ini telah mengalami lagi pemadaman secara bergiliran.

Kali ini yang menyebabkan sehingga pemadaman dilakukan, pertama adalah PLTM Sakita mengalami penururan daya yang awalnya mampu 1700 dan tinggal 800 kilo dan penurunan itu dipengaruhi volume debit air yang berada di PLTM Sakita tidak mencukupi kapasitas.

“Apa yang terjadi di sisi PLTM Sakita karena di daerah kita ini hujan belum merata. Memang hujan sudah hampir sering turun, tapi hujan di bagian hulu  yang belum ada. Bila curah hujannya tinggi, maka volume debit air di sana juga akan naik dan PLTM Sakita akan bisa maksimal lagi,” terang Amirul Huda Ke Metrosulawesi di Bungku baru-baru ini.

Kemudian, urai Amirul Huda, penyebab kedua berasal dari PLTD Bahoruru, akibat dari satu unit panel pisisinya mengalami gangguan sehingga pembangkit tidak singkron dan pada gangguan ini. PLN Bungku sudah menindaklanjuti untuk dilakukan pengadaan panel pisisi.

“Di situlah masalahnya. Karena daya mampu PLTM Sakita menurun dan gangguan satu unit panel pisisi PLTD Bahoruru,” sebutnya.

Bahkan sebagai tindak lanjut karena seringnya terjadi pemadaman, pihak PLN Bungku telah dihearing dengan DPRD Kabupaten Morowaili, didesak melakukan perbaikan disisi pembangkit. Mengenai gangguan yang dialami, PLN Bungku sudah menyurati sampai ke Palu.

“Sehubungan dengan tindak lanjut pengadaan panel pisisi, kami ingin sampaikan hal ini masih sedang dalam tahap proses. Dimana dari pihak PLN Palu sudah menyerahkan ke pihak Manado untuk pengadaannya,” papar Amirul Huda.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas