Abd Razak. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng melalui Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) akan membangun unit Air Baku untuk 8.640 jiwa atau 1.728 KK. Sasaran pembangunan Air Baku berada di Desa Beka dan Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulteng.

Rencana pembangunan unit air baku telah disosialisasikan kepada aparat desa dan masyarakat berlangsung di Kantor Camat Marawola, pada Rabu, 3 Februari 2021. Sosialisasi dilaksanakan Dinas Cipta Karya dan SDA Provinsi Sulteng bersama Dinas PU Kabupaten Sigi.

Kepala Bidang Sungai, Pantai, Danau dan Air Baku Dinas Cikasda Provinsi Sulteng, Djaenudin, mengungkapkan pihaknya sudah melaksanakan survey pengukuran kapasitas air baku dari sumber air yang tersedia.

“Dari survey itu, sumber air baku yang terdekat adalah sungai Kalipondoh,” ungkap Djaenudin.

Dia membeberkan desain perencanaan air baku dengan rincian hasil debit air sebesar lk. 20 liter perdetik, panjang jaringan pengaliran air baku lk 3,1 KM, ElevasiK sumber mata air lk 500 m dari muka air laut, dimater pipa PVC dia 3 inci dan 2 inci serta  pipa gip dia 2 inci. Sementara kapasitas debit rencana 10 liter perdetik yang hasilnya bisa 864.000 liter perhari.

“Hasil itu setara untuk 8.640 jiwa atau 1.728 KK dengan asumsi kebutuhan 1 orang 100 liter perhari,” ucap Djaenudin.

Kepala Dinas Cikasda Provinsi Sulteng, Abd Razak, juga menyampaikan telah melakukan peninjauan langsung lokasi yang direncanakan untuk pembangunan air baku Desa Beka dan Desa Sibedi.

“Kami tentu mengharapkan dukungan masyarakat agar pembangunan air baku bisa berjalan lancar,” harap Razak.

Camat Marawola, Nuzuluddin menyambut baik rencana pembangunan air baku di Desa Beka dan Desa Sibedi oleh Pemprov Sulteng. Dia mengimbau kepada pemerintah desa yang berada diwilayah Kecamatan Marawola agar setiap kegiatan baik dari kabupaten maupun provinsi segera diberitahukan atau disampaikan ke pihak Kecamatan.

“Saya mengharapkan kerjasamanya kepada seluruh warga dan pemerintah desa yang ada di Kecamatan Marawola,” ujar Nuzuluddin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas