Home Sulteng

30 Persen Pegawai Kontrak Disperindag KMS

20
CEK HASIL ASSESMENT - Kepala Disperindag Provinsi Sulteng, Richard Arnaldo (kanan), saat memeriksa hasil assesment pegawai kontrak diinstansi yang dipimpinnya. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulteng, Richard Arnaldo, telah menerima hasil assesment pegawai kontrak diinstansi yang dipimpinnya baru-baru ini.

Assesment dilaksanakan bagi pegawai kontrak jejang SMA dan sarjana yang berlangsung dua hari, 14-15 Januari 2021. Pelaksana assesment yaitu UPT Penilaian Kompetensi (Penkom) Pegawai BKD Provinsi Sulteng.

Kepala UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulteng, Rachman Yape, mengungkapkan berdasarkan hasil assesment sebanyak 30 persen pegawai kontrak Disperindag Provinsi Sulteng kurang memenuhi syarat (KMS).

“Ini menandakan masih ada gap antara kompetensi yang dimiliki pegawai kontrak dengan kualifikasi kompetensi yang dipersyaratkan di jabatan yang telah diduduki,” ungkap Rachman.

Dia membeberkan hasil assessment tersebut diperoleh persentase profil job match untuk kualifikasi tingkat pendidikan SMA yakni 12 persen memenuhi syarat, 56 persen masih memenuhi syarat, dan 32 persen KMS.

Sementara hasil assesment untuk kualifikasi tingkat pendidikan sarjana didapatkan yaitu 31 persen memenuhi syarat, 42 persen masih memenuhi syarat, dan  27 persen kurang memenuhi syarat atau KMS.

Rachman menyarankan untuk mengatasi kesenjangan yang ada perlu diambil langkah strategis dengan cara meningkatkan kapasitas SDM bagi pegawai KMS. Langkah lainnya melakukan rotasi pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

“Tapi dengan harapan pegawai kontrak yang dirotasi ditempatkan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang dimiiliki,” ucapnya.

Dengan begitu menurut Rachman, performance atau kinerja maksimal yang diinginkan dari para pegawai kontrak Disperindag Provinsi Sulawesi Tengah bisa terwujud. Sebelumnya, UPT Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Provinsi Sulteng juga telah melaksanakan assesment bagi pegawai kontrak Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Sulawesi Tengah. Tercatat sebanyak 46 orang pegawai kontrak Diskominfo Provinsi Sulteng mengikuti assesment selama dua hari yang dilaksanakan di Aula BKD Sulawesi Tengah pada Kamis-Jumat, 14-15 Januari 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas