Home Ekonomi

Kredit di BPD Poso Tumbuh 146 Persen

9
Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Cabang Poso. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – Bank  Pembangunan Daerah (BPD) Cabang Poso berhasil menaikan pertumbuhan kredit meskipun kondisi ekonomi saat ini secara keseluruhan buruk.

Kepala BPD Poso Mario Kabo pada tahun 2020, pihaknya merasa legah, pasalnya target pencapaian kredit cukup membaik dimana kenaikan tembus 146 persen.

“Meskipun kondisi perekonomian sedikit terganggu akibat Covid 19, namun permintaan kredit di BPD cukup besar, sementara NPL atau kredit macet sedikit atau begitu kecil dengan angka 0,68 persen,” ungkap Mario kepada wartawan, Kamis 4 Februari 2021.

Dirinya optimis tahun ini, bank daerah terkait penyaluran kredit tahun 2021 akan membaik dengan memasang target cukup tinggi. 

PT Bank Pembangunan Daerah Cabang Poso ungkapnya,  sangat optimis penyaluran kredit tahun depan akan tinggi sejalan dengan aktivitas ekonomi yang mulai berangsur-angsur pulih dengan perkembangan positif dari pengembangan vaksin Covid-19.

Bank BPD Poso  memproyeksikan penyaluran kredit tahun 2021 minimal tumbuh 8 sampai 9 persen dari angka yang sekarang. Hal tersebut merupakan proyeksi paling pesimis mengingat rata-rata penyaluran kredit di BPD Poso per bulan di tahun ini masih bisa tumbuh di atas angka tersebut.

Dirinya menyebutkan, ASN yang menjadi nasabah melalui pengajuan kredit begitu besar, sama halnya marketing atau usaha produktif, masing masing 50 persen. Sementara transaksi lebih banyak di daerah Poso Kota bersaudara, Poso Pesisir Bersaudara serta wilayah Pamona.

PT Bank Pembangunan Daerah Cabang Poso  juga memandang bahwa prospek penyaluran kredit tahun depan akan lebih baik dari tahun ini.

“Permintaan kredit bakal naik sejalan dengan membaiknya ekonomi sehingga daya beli masyarakat akan naik,” ungkapnya.

Tahun depan, Bank BPD Poso menargetkan kredit tumbuh sekitar 8 sampai 9 persen. Penyaluran kredit tersebut akan difokuskan pada segmen ritel konsumer.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas