Home Donggala

DPRD Pertanyakan Hasil Asistensi Gubernur

29
Aziz Rauf. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Aziz Rauf Pastikan Hapus Penumpang Gelap di APBD 2021

Donggala, Metrosulawesi.id – Wakil Ketua II DPRD Donggala Aziz Rauf menekankan walaupun APBD 2021 sudah digandakan dan disahkan tetapi secara administrasi belum sah.

“Kami juga belum liat dokumen APBD 2021 sampai sekarang. Iya belum sah itu APBD 2021, walaupun sudah diasistensi di gubernur, bahkan mungkin sudah diperbanyak dan siap diedarkan,” kata Aziz Rauf ditemui di ruang kerjanya, Kamis 4 Februari 2021.

Politisi dari Partai Gerindra ini menjelaskan, berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Keuangan Daerah, tujuh hari setelah asistensi di gubernur, bupati dan DPRD harus bersama-sama melaksanakan hasil evaluasi gubernur terhadap APBD 2021, yang kemudian dibuatkan berita acara.

“Seharusnya tujuh hari setelah evaluasi atau asistensi gubernur, Banggar dan TAPD harus bertemu, melihat bersama hasil asistensi itu catatan-catatan apa yang harus diperbaiki atau dievaluasi di dokumen APBD 2021, kemudian penguatannya dibuat dalam sebuah berita acara itu baru dinamakan APBD sah, ini tidak ada pertemuan tindak lanjut hasil asistensi, jadi APBD saya anggap tidak sah,” jelasnya.

Dikatakannya lagi berdasarkan perjalanan pembahasan APBD 2012 tim Banggar telah memangkas anggaran sebesar 10 miliar yang dinilai peruntukannya bukan skala prioritas.

“Kami pangkas 10 miliar, dana ini meliputi perjalanan dinas, makan minum dan belanja ATK (alat kantor),” sebutnya.

Disinggung adanya potensi “penumpang gelap” di dokumen APBD 2021, politisi asal Kecamatan Sojol ini belum bisa menjawab. Menurutnya penumpang gelap bisa diketahui jika dokumen APBD sudah ada di tangannya. Tapi ia berjanji jika ditemukan ada penumpang gelap yang tidak sesuai dengan pembahasan sebelumnya, dia akan meminta TAPD untuk menghapus atau menurunkan penumpang gelap itu.

“Saya belum berani mengatakan ada penumpang gelap di APBD 2021 karena dokumennya belum saya lihat ini, kalaupun ada pasti saya suruh hapus,” tegasnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas