Home Palu

Pemkot Alokasikan Penanganan Covid Rp1,3 M

Trisno Yunianto. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu telah mengalokasikan dana penanganan Covid-19 atau wabah virus corona tahun anggaran 2021 mencapai Rp1.369.525.000.

“Anggaran yang berasal dari Belanja Tidak Terduga atau BTT akan diperuntukan bagi operasional di pos perbatasan dan pelaksanaan Operasi Yustisi,” kata Kepala Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) Kota Palu, Trisno Yunianto belum lama ini.

Ia mengatakan dari total anggaran yang direalisasikan itu tiga pos perbatasan pemeriksaan Covid-19 mendapatkan dana operasional senilai Rp 979.500.000. Sedangkan, untuk pelaksanaan Operasi Yustisi akan mendapatkan dana operasional senilai Rp 393.025.000.

“Bila dirincikan selama perbulan anggaran yang keluarkan khusus pelaksanaan Operasi Yustisi kurang lebih ada sekitar Rp131 juta. Berbeda dengan dana operasional di pos perbatasan pemeriksaan Covid-19, setiap bulannya mencapai Rp325 juta,” katanya.

Ia menyebutkan hal tersebut dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemeirntah Kota Palu dalam upaya menangani virus corona yang sedang mewabah saat ini. Ia mengimbau semua masyarakat selalu waspada terhadap Covid-19 dengan cara menghindari kerumunan banyak orang.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus corona ini sebagai pandemi. Untuk itu terus mengimbau kepada masyarakat  agar jaga kesehatan, jangan panik namun tetap waspada, dan jaga kebersihan,” sebutnya.

Ia mengakui Pemerintah Kota Palu telah mengeluarkan edaran agar warga saat melakukan kegiatan di ruang publik harus tetap menjaga jarak (social distance) minimal satu meter. Menurutnya, hal ini untuk menekan penyebaran wabah COVID-19 ini.

“Kami minta kerja sama kepada warga untuk bersama melakukan antisipasi penyebaran virus ini. Sebab, jika tidak kerja sama maka sulit kita akan berhasil,” ujarnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas