Home Ekonomi

Pasar Bambaru Jadi Pusat IKM-Kuliner

14
PENINJAUAN - Wali Kota Palu, Hidayat, didampingi jajaran saat meninjau proyek revitalisasi Pasar Bambaru pada Senin, 1 Januari 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Wali Kota Palu, Hidayat, masih terus berbenah untuk kemajuan Kota Palu jelang akhir jabatan. Salah satu yang dilakukan adalah membenahi pasar Bambaru menjadi agar kembali menjadi kebanggaan di Kota Palu.

“Pasar ini punya nilai sejarah yang tidak dapat dilupakan, di sinilah dahulu menjadi pusat perdagangan termashur Kota Palu, tempat ini sudah menjadi heritage,” tutur Hidayat, saat melakukan kunjungan, Senin, 1 Januari 2021.

Oleh karena itu, telah dilakukan revitalisasi Pasar tersebut dengan harapan pusat perbelanjaan tradisonal di Kota Palu itu bisa hidup kembali dan semua pedagang dapat menikmati masa keemasan seperti dahulu.

 Nantinya, lanjut Hidayat, Pasar ini akan menjadi pusat produk-produk rumahan Industri Kecil Menengah (IKM) serta pusat kuliner Kota Palu. Lantai satu dan dua pasar tersebut akan diisi produk-produk lokal Palu sedang di lantai 3 akan dijadikan wisata kuliner.

“Harapan saya dengan direvitalisasinya Pasar ini, pengunjung makin ramai dan pedagang ikut maju. Tapi saya ingin pengunjung dan pedagang yang kesini tetap nyaman jadi harus didisain senyaman mungkin,” harapnya.

Dijadwalkan, revitalisasi Pasar Baru akan selesai pada Maret 2021 dan dapat segera dioperasikan. Untuk membantu proses revitalisasi, Pemerintah Kota Palu juga menggandeng pihak swasta seperti Alfamidi untuk membantu menyediakan rak sebagai sarana berdagang bagi pelaku IKM.

“Alhamdulillah, manajemen Alfamidi sudah menyanggupi untuk membantu pengadaan rak bagi IKM di Pasar Baru ini,” katanya.

Sementara itu, manajemen Alfamidi yang diwakili oleh Corporate Communication Manager, Arif L. Nursandi membenarkan hal tersebut.  Menurutnya, ini sebagai wujud komitmen toko ritel modern kepada Pemerintah Kota Palu untuk bersama mengembangkan produk-produk IKM.

“Tidak hanya di Pasar Baru, kami juga akan sediakan rak bagi IKM di setiap gerai-gerai Alfamidi yang ada di Kota Palu. Semoga langkah ini dapat memompa semangat para pelaku IKM untuk berinovasi menciptakan produk-produk berkelas nasional maupun internasional,” pungkas Arif.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas