Home Parigi Moutong

Maret, Parimo Gratiskan IMB

24
Moh. Rivai. (Foto: Istimewa)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong Moh. Rivai menjelaskan, bahwa pihaknya menargetkan pembenahan sektor perizinan sesuai dengan amanat peraturan daerah.

“Kami Dinas PUPRP Parimo akan siapkan program pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), “ungkap Moh. Rivai kepada Metrosulawesi, Senin 1 Februari 2021.

Lanjut dia, bahwa program pemutihan IMB merupakan keringanan dalam proses pemberian izin mendirikan bangunan. Program itu bertujuan menertibkan bangunan-bangunan yang sudah lama berdiri, dan meringankan masyarakat dalam pengurusan IMB dan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor IMB.

“Terkait PAD, kami Dinas PUPRP Parimo menargetkan estimasi Rp.750 juta pada tahun 2020 lalu, sehingga beberapa strategi mengejar target PAD kami luncurkan, termasuk program pemutihan IMB dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah ada di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Moutong, Parigi dan Torue,” tutur Rivai.

Rivai mengatakan, layanan program pemutihan IMB nanti, warga tidak mengeluarkan biaya dan pemohon IMB hanya dimintai retribusi saja. Sedangkan untuk biaya restribusi pemutihan IMB, masih akan pihaknya bahas dengan Dinas Perizinan Terpadu Parimo.

“Akan dikaji, apakah akan ada potongan untuk warga berpenghasilan rendah atau dibebaskan dari restribusi,” terang Rivai.

Rivai menambahkan, rencananya pada bulan Februari 2021 mendatang pihaknya akan menyiapkan semua hal terkait program pemutihan IMB, termasuk tenaga gambar bangunan, sebab yang menggambar bangunan harus mempunyai sertifikat.

“Pada bulan Maret 2021 mendatang program pemutihan IMB akan kami luncurkan, dan ini sebagai hadiah pada saat Hari Ulang Tahun Parigi Moutong,” tuturnya.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas