Home Donggala

Bupati Tantang Hipmi Donggala Penuhi Permintaan Pasokan Pangan Balikpapan

12
PENGURUS BARU - Bupati Donggala, Kasman Lassa (kanan) saat melantik pengurus BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Donggala 2020-2023, yang dinahkodai Masrifan (kiri) di Donggala, Jumat sore 29 Januari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Bupati Donggala, Kasman Lassa menantang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Donggala untuk bisa berperan membantu pemerintah daerah memenuhi pasokan bahan pangan untuk Pemerintah Kota Balikpapan.

“Saya sudah tandatangan kerja sama antara Pemkab Donggala dan Pemkot Balikpapan,” ucap Bupati Donggala Kasman Lassa di Donggala seperti dikutip dari laman sulteng.antaranews.com, pada acara pelantikan pelantikan pengurus BPC Hipmi Donggala periode 2020-2023, Jumat 29 Januari 2021.

Bupati Kasman mengemukakan dalam kerja sama itu, Pemkot Balikpapan Kalimantan Timur membutuhkan ketersediaan satu juta kambing, itik, ayam, untuk dikirim ke Balikpapan.

Kemudian, kata Kasman, Pemkot Balikpapan juga membutuhkan ketersediaan satu juta ekor sapi potong.

Kasman mengaku telah memerintahkan Dinas Peternakan untuk segera menyusun strategi agar bisa memenuhi permintaan tersebut.

“Lahan kita masih sangat luas di beberapa kecamatan salah satunya di Kecamatan Riopakava untuk dikembangkan peternakan,” sebutnya.

Selain itu, ujar Kasman Lassa, Pemkot Balikpapan juga membutuhkan material batu dari Kabupaten Donggala untuk dikirim ke kota tersebut.

Besarnya permintaan, kata Bupati, maka para pelaku usaha dan pengusaha yang tergabung dalam HIPMI harus dilibatkan untuk pemenuhan permintaan tersebut.

“Saya harap pengusaha-pengusaha muda di Hipmi agar bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan kami,” kata Kasman.

Kasman mengatakan, berdasarkan rekomnadsi dari Kemendagri setiap daerah harus segera memanfaatkan potensi, dengan membuat dan mengoptimalkan peran perusahaan daearah (perusda).

“Donggala banyak aset, misalnya sektor pariwisata, pemerintah daerah tak bisa menagani sendiri, butuh pihak ketiga, dan hal ini jangan ditunda-tunda lagi. Kita harus mempihakketigakan potensi atau aset yang pemerintah miliki,” kata Kasman.

Kasman berharap kepada seluruh pimpinan OPD proaktif khuususnya pada pengurus Hipmi yang baru dilantik.

“Saya akan jadwalkan pertemuan pimpinan OPD dengan Hipmi menyatukan pandangan untuk kepentigan Kabupaten Donggala kedepan, OPD harus nyambung dengan Hipmi,” sebutnya.

Berkaitan dengan itu, Ketum BPC Hipmi Donggala Masrifan mengemukakan siap bersinergi dengan Pemkab Donggala bila diberi ruang kepada Hipmi untuk mengisi kekosongan dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Insya Allah saya sebagai ketua umum akan mengoptimalkan segenap kemampuan HIPMI Kabupaten Donggala guna mengisi setiap lini sektor revitalisasi daerah dalam menyongsong percepatan pembangunan, karena saya kira kesejahteraan rakyat Donggala bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemkab semata, namun menjadi tanggung jawab segenap elemen yang terlibat termasuk di dalamnya adalah Hipmi,” ungkap Masrifan.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas