Home Poso

Areal Pinggiran Danau Poso Sepi Pengunjung

22
SEPI - Salah satu obyek wisata di Kabupaten Poso, Danau Tentena, tampak sepi pengunjung. (Foto: Metrosulawesi/ Syaiful Sulayapi)

Poso, Metrosulawesi.id Memasuki bulan kedua di tahun 2021, tingkat kunjungan wisatawan ke obyek wisata di Poso, Sulawesi Tengah, tergolong sepi. Seperti yang terlihat di lokasi air terjun Saloupa dan sejumlah daerah  wisata di pinggiran Danau Poso.

Pengelola lokasi wisata Disiuri yakni di Torau Resort,  Komang, Sabtu 30 Januari 2021 mengatakan, sejak memasuki masa pandemik Covid 19, tempat wisata bernuansa alam ini, terus sepi. Angka kunjungan sebelum wabah Covid 19 dibilang lumayan untuk pendapatan, namun terus anjlok dan berkurang pengunjung hingga akhir tahun.

“Hingga sore hari kedua libur panjang, angka kunjungan layaknya hari biasa, belum terlihat lonjakan yang cukup besar. Perkiraan kami kemungkinan baru  akan terjadi lonjakan pengunjung kalau suasana sudah normal atau Covid 19 sudah berlalu,” katanya.

Ia menjelaskan, sejak kembali diizinkan beroperasi pengelola Torau Resort,  tidak pernah bosan mengimbau wisatawan atau pengunjung  yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan selama berada di lokasi. Pengunjung wajib pakai masker dan rajin mencuci tangan, serta tidak berkerumun dengan rombongan lain.

Dikatakan Komang, setiap pengunjung yang masuk lokasi Torau Resort, diwajibkan untuk menerapkan prokes sesuai standar dan harus ditaati,

“Pengunjung diperiksa suhu badan, lanjut mencuci tangan serta harus bermasker, petugas jaga disekitar areal wisata juga begitu ketat mengawasinya,” ujar Komang.

“Harapan kami sebagai pengelola lokasi wisata ke depan akan terjadi lonjakan. Kami menjamin kesehatan lingkungan di obyek wisata Torau Resort dari virus berbahaya, karena setiap tamu yang datang mendapat pemeriksaan kesehatan dan dianjurkan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Poso, Nolly Tandawuja SH,  mengatakan, hingga akhir tahun 2020  tingkat kunjungan wisata belum terlihat meningkat di  sejumlah tempat wisata di Poso, utamanya wisata di pinggir danau Poso. Namun, pihaknya memperkirakan hal tersebut akan terjadi lonjakan kalau wabah Covid 19 dinyatakan selesai.

“Kami terus menggenjot promosi terkait wilayah Poso  yang masih aman untuk dikunjungi karena berbagai cara sudah dilakukan untuk memutus mata  rantai penyebaran virus berbahaya terutama di obyek wisata dengan cara melakukan pemeriksaan dan melarang wisatawan untuk datang tanpa surat keterangan sehat,” katanya.(*)

Reporter: Syaiful Sulayapi

Ayo tulis komentar cerdas