Home Palu

Munari: Pembayaran UKT Diperpanjang

16
Munari. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Tadulako (Untad), Munari, mengungkapkan sesuai instruksi Rektor Prof Mahfudz, pembayaran UKT (uang kuliah tunggal) semeseter genap tahun akademik 2020/2021 diperpanjang.

“Betul, pembayaran UKT diperpanjang sampai 5 Februari 2021,” ungkap Munari kepada Metrosulawesi, Jumat, 29 Januari 2021.

Dia menjelaskan pihaknya harus melakukan perpanjangan waktu karena masih banyak mahasiswa yang belum membayar UKT. Dibeberkan, dari 35.930 mahasiswa aktif Untad, baru 19.389 orang yang melakukan pembayaran UKT.

“Jadi masih ada sekitar 16.541 orang mahasiswa yang belum membayar UKT semeseter genap tahun akademik 2020/2021,” ucap Munari.

Munari mengatakan apabila tidak dilakukan perpanjangan pembayaran, mahasiswa akan dianggap cuti dan tidak bisa mengisi KRS (kartu rencana studi). Kalau hal ini terjadi, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak bisa mengikuti perkuliahan.

“Kita tidak menginginkan hal ini terjadi makanya kami lakukan perpanjangan masa pembayaran sesuai arahan pak Rektor Prof Mahfudz,” ujarnya.

Disebutkan, pembayaran UKT sebenarnya telah dibuka sekitar dua bulan mulai Desember 2020 sampai Januari 2021. Namun sayangnya, dalam waktu yang telah ditentukan itu, masih sangat banyak mahasiswa yang belum melakukan pembayaran UKT.

“Kalau perkuliahan tetap dimulai sesuai jadwal kalander akademik yaitu mulai 8 Februari 2021,” tandas Munari.

Adapun perpanjangan masa pembayaran UKT telah diinformasikan kepada mahasiswa melalui media sosial Facebook Universitas Tadulako dan Instagram HUMAS UNTAD. Salah seorang mahasiswa, Kharisma, mengaku bersyukur dengan adanya perpanjangan pembayaran UKT. Dia mengaku terkendala untuk membayar UKT karena sistem di bank mengalami ganguan teknis.

“Tadi pagi (kemarin), kami sudah mau membayar tapi petugas bank memberitahukan lagi ada gangguan jaringan,” ucapnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas