Home Nasional

SMP Al Azhar Gelar AMA Competition Nasional

13
Dede Kurniawan. (Foto: Ist)
  • 16 Provinsi Telah Mendaftar

Palu, Metrosulawesi.id – SMP Al Azhar Mandiri Palu menggelar Al Azhar Mandiri (AMA) Competition tingkat nasional khusus untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas IV, V, dan VI. Kompetisi itu akan dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring).

Ketua Panitia Pelaksana, Dede Kurniawan mengatakan, kompetisi ini meliputi beberapa bidang lomba, diantaranya Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Baca Puisi, dan IPS. 

“Jadi nanti kami akan sediakan soalnya sesuai mata pelajaran lomba yang diikuti, kemudian para peserta lomba akan menjawabnya secara online,” kata Dede, saat dihubungi Metro Sulawesi, Kamis, 28 Januari 2021.

Dede mengungkapkan, saat ini peserta lomba yang telah mendaftar dari 16 provinsi se-Indonesia, yang paling banyak dari Provinsi Sulawesi Tengah. Ada juga peserta yang mendaftar dari luar Kota Palu, diantaranya Morowali, Ampana, dan lainnya.

“Sementara untuk yang dari luar provinsi Sulteng, ada dari Kalimatan, Sumatera, dan banyak juga dari Pulau Jawa seperti dari Surabaya, Jawa Tengah, Jawa Barat juga ada,” ungkapnya.

Dede mengatakan, rencananya lomba ini akan dimulai 6 hingga 14 Februari 2021, dan untuk pendaftarannya berakhir pada 4 Februari 2021, setelah itu baru diadakan technical meeting.

“Jadi bagi siswa SD yang mengikuti lomba ini tidak perlu lagi ikut seleksi, siapa yang mau ikut disilahkan untuk mendaftar,” katanya. 

Kata Dede, untuk pendaftarannya dilakukan secara online dan setiap pendaftar dikenakan biaya setiap cabang lomba Rp50 ribu, dan itu dapat di transfer ke rekening panitia.

“Bagi peserta yang meraih juara kita siapkan hadiah sebesar Rp50 juta, dalam hadiahnya itu ada dalam uang tunai dan juga beasiswa untuk sekolah di SMP Al Azhar Mandiri Palu, dari kelas satu hingga kelas tiga bebas biaya,” ujarnya.

Dede mengatakan, yang meraih juara di kompetesi ini tentunya sesuai dengan kriteria panitia dan SMP Al Azhar. 

“Bagi yang meraih juara satu akan dilihat lagi, apakah memenuhi kriteria mendapatkan beasiswa atau tidak,” jelasnya.

“Yang jelas jika memenuhi kriteria, dan siswanya itu mau sekolah di SMP Al Azhar maka tentunya kami akan memberikan beasiswa untuk bersekolah di Al Azhar, hingga anak itu lulus di sekolah kami,” terangnya.

Selama masa pandemi ini, kata Dede, jarang ada lomba diadakan atau minim kompetisi khsusnya buat anak-anak SD. Olehnya itu pihak panitia dari SMP Al Azhar mengharapkan dari lomba ini menggugah semangat siswa-siswi SD  untuk berkompetisinya, karena selama ini mereka hanya belajar secara online.

“Jadi jika ada lomba ini tentunya bisa meningkatkan lagi semangat siswa untuk belajar,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas