Home Nasional

Siswa MAN IC Palu Dulang Perak di OPSI

13
Fahrezzy Arthur Ridho. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kota Palu, Fahrezzy Arthur Ridho, Kelas XI berhasil meraih medali perak dalam Olimpiade Pahlawan Sains Indonesia atau OPSI yang dilaksanakan Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) di Medan.

Fahrezzy Arthur Ridho mengikuti kegiatan tersebut secara daring, dan menyisihkan siswa lain dari SMA/MA/SMK se-Indonesia. Dengan nomor urut 55 dari ratusan peserta, Fahrezzy berhasil mengibarkan bendera MAN IC Kota Palu dan membawa nama harum Provinsi Sulawesi Tengah di kancah olimpiade sains skala nasional itu.

Kepala MAN IC Kota Palu, Soim Anwar mengungkapkan kebanggaannya dan mengapresiasi prestasi Fahrezzy di ajang tersebut, walaupun dalam suasana pandemi Covid-19, siswa MAN IC Kota Palu mampu berprestasi dan menjadi teladan bagi teman-temannya.

“Prestasi yang diraih adalah ketekunan siswa dan bimbingan professional dari seorang guru Kimia Ustadz Moh. Sidik, S.Pd M.Pd. yang saling bersinergi satu sama lain serta doa dan support dari teman-teman dan ustad-ustazah MAN Insan Cendekia Kota Palu,” kata Soim, melalui ponselnya, Jumat, 29 Januari 2021.

Saat ini kata Soim, mereka memang belum bisa bertemu dengan siswa tersebut karena masih dalam masa pandemi, dan mereka masih tetap melaksanakan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Makanya prestasi tersebut hanya disampaikan melalui daring.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Tengah, Kiflin Pajala juga turut bangga atas prestasi yang diraih siswa MAN IC. Menurutnya, sekecil apapun prestasi yang diraih peserta didik harus dihargai.

“Hal ini sebagai motivasi bagi kami juga sebagai penyelenggara pendidikan khususnya pendidikan madrasah di wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi seluruh madrasah untuk tidak bisa meraih prestasi dalam masa apapun, karena seluruh siswa masih bisa melaksanakan pembelajaran di rumah.

“Tinggal madrasahnya yang mengontrol para siswa untuk bisa mengikuti berbagai bimbingan yang yang sesuai dengan program madrasah masing-masing,” jelasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas