Home Palu

Imigrasi Palu Kembali Layani Eazy Passport

11
PELAYANAN - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu saat pelayanan eazy passport kepada komunitas Majelis Ta’lim Raudlatul Jannah di jalan Kasutri Palu, Senin, 2 November 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu kembali pelayanan eazy passport di daerahnya. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Danil Rachman, mengungkapkan layanan eazy passport dibuka di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada 20-21 Janurai 2021.

“Tapi sekarang sudah tidak ada karena pelayanan di sana hanya dua hari,” ungkap Kamis, 28 Januari 2021.

Pelayanan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bakti Imigrasi ke-71 tahun 2021. Total permohonan paspor yang diproses sebanyak 32 orang pemohon dengan tujuan untuk persiapan haji, umroh, dan wisata.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diterapkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, baik petugas maupun masyarakat pemohon paspor agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Disebut, pelayanan eazy passport adalah layanan jemput bola pembuatan paspor di masa pandemi Covid-19. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat membuat paspor tanpa harus datang ke kantor Imigrasi.

Adapun layanan tersebut bisa diajukan secara kolektif untuk perkantoran, instansi pemerintahan, komplek perumahan  dan masyarakat umum. Petugas akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan.

Sasaran layanan eazy passport yakni komunitas seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi lainnya.

Peserta layanan eazy passport tersebut cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu dan mendaftarkan peserta secara kolektif. Kemudian disampaikan tanggal dan tempat pelaksanaan kegiatan, dimana bisa dilakukan pada hari/jam kerja maupun diluar hari/jam kerja sesuai dengan kesepakatan bersama.

Namun demikian, layanan eazy passport sementara hanya untuk jenis permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh. Danil mengatakan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan eazy passport disilakan berkoordinasi ke Kantor Imigrasi Palu. Diketahui, akhir 2020 sampai awal Januari 2021, layanan eazy passport sempat disetop dampak beberapa petugas Imigrasi Palu terpapar Covid-19.

“Sementara disetop dulu sampai kami pastikan petugas Imigrasi Palu benar-benar sehat (negatif Covid),” jelasnya Danil kepada Metrosulawesi, pada Selasa, 12 Januari 2021.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas