Home Sigi

16 Ribu UMKM di Sigi Sudah Terima Bantuan Rp2,4 Juta

44
Kaharuddin. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sebanyak 34 ribu pelaku UMKM di Kabupaten Sigi terverifikasi akan menerima bantuan presiden atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta.

Sampai sekarang sudah menerima sebanyak 16 ribu lebih, sedangkan sisanya masih terus berproses di Bank BRI secara bertahap.

Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, Kaharuddin saat ditemui Metro Sulawesi di ruang kerjanya, Selasa, 26 Januari 2021.

Namun kata dia, setiap pelaku UMKM yang diusulkan dalam program BPUM yang memiliki pinjaman di Bank BRI dan macet, maka namanya akan dicoret.

“Bank akan coret namanya apabila ada pinjaman di bank BRI yang macet. Kalau syaratnya lengkap pasti akan menerima bantuan namun tetap secara bertahap,” ujarnya.

Ia berharap bantuan BPUM dari pemerintah pusat itu akan ada lagi di tahun 2021. Menurutnya bantuan tersebut sangat membantu dan meringankan beban para pelaku UMKM di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini.

Bantuan itu sangat membantu dan meringankan beban para pelaku UMKM di tengah masa Pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya sangat berharap bantuan ini ada lagi. Apalagi syaratnya sangat sederhana, hanya KTP, KK dan foto usaha pelaku UMKM,” harapnya.

Ia mengungkapkan, selama pandemi Covid-19, tidak ada pelaku UMKM yang gulung tikar atau usahanya tutup. Hal itu terlihat dari geliat pelaku-pelaku UMKM yang terus meningkat di Kabupaten Sigi.

“Kalau dibilang gulung tikar tidak ada. Kita di sini ada yang namanya Sarjana Pendamping Koperasi dan Usaha. Mereka selalu turun kelapangan untuk monitoring pelaku-pelaku UMKM dan tidak ada laporan bahwa selama pandemi, pelaku UMKM yang gulung tikar, malahan berkembang,” katanya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas