Home Sulteng

ASN Pemprov Mulai Terima Gaji

30
Bahran. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulteng mulai menerima gaji bulan Januari 2021. Hal ini diungkapkan KepalaBadan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulteng, Bahran, kepada Metrosulawesi, Selasa, 26 Januari 2021.

“Hari ini (kemarin), sudah mulai pembayaran gaji melalui transfer ke rekening masing-masing,” ungkapnya.

Seyogianya, pembayaran gaji para aparatur tersebut harus dilakukan minggu pertama bulan berjalan. Bahran menjelaskan keterlambatan pembayaran karena transisi regulasi dan transisi aplikasi.

Transisi aplikasi dimaksud adanya perubahan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) menjadi Sistem Informasi Perangkat Daerah (SIPD). Dari perubahan sistem itu, BPKAD harus menginput kembali tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini menyebabkan keterlambatan pembayaran gaji.

“Kasusnya ini (keterlambatan) bukan hanya di Sulawesi Tengah, tapi nasional karena perubahan aplikasi,” jelas Bahran.

Untuk Sulteng, SIPD saat ini masih terus disiapkan sehingga pembayaran gaji bulan Januari dilakukan secara manual tanpa aplikasi. Aplikasi SIPD disebut dibuat oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Aplikasi SIPD dibangun Kemendagri, makanya seluruh Indonesia, rata-rata kendalanya sama,” ucapnya.

Bahran mengatakan pihaknya terus melakukan penguatan sumber daya untuk mengelola aplikasi SIPD. Ini karena perubahan dari SIMDA ke SIPD membutuhkan pelatihan sumber daya.

“Selain sumber daya yang harus diajar lagi, perangkat lunaknya sendiri juga belum siap, belum ready,” ujar Bahran.

BPKAD berupaya akan mulai memaksimalkan SIPD dalam pembayaran gaji pada Februari mendatang. Bahran mengatakan perubahan aplikasi bertujuan untuk semakin meningkatkan tranparansi secara naisonal.

Ditarget, pembayaran gaji ASN Pemprov yang berjumlah ribuan orang bisa tuntas dalam dua hari. Untuk ASN Kota Palu sendiri disebut telah menerima gaji mulai Jumat, 22 Januari 2021.

“Insyaallah, pembayaran selesai besok (hari ini). Pokoknya tidak menyeberang bulan,” tandas Bahran.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas