Home Palu

Banyak Pelaku Usaha Langgar Prokes

19
OPERASI YUSTISI - Satpol PP Kota Palu saat melakukan Operasi Yustisi pada salah satu cafe di Kota Palu. (Foto: Humas Pemkot Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palu, Trisno Yunianto mengungkapkan selama operasi yustisi dilaksanakan, masih banyak pelaku usaha melanggar protokol kesehatan (prokes), misalnya tidak mengatur jarak kursi atau social distancing tidak diterapkan oleh pemilik usaha.

“Para pelaku usaha yang kami kunjungi ditemukan biasanya tidak terapkan social distancing, di cafe-cafe masih ada kami dapatkan tempat duduk berdempetan, kemudian mengurangi jumlah pengunjung dengan kapasitas dari 100 orang menjadi 50 orang juga belum diterapkan. Menurut dari pemilik usaha itu bahwa agak berat aturan itu mereka terapkan,” kata Trisno, melalui ponselnya, baru-baru ini.

Selain itu kata Trisno, ada kursi yang ditandai oleh pemilik usaha agar tidak diduduki sehingga menjaga jarak tidak berjalan efektif. Ketika aparat merazia, tempat duduk itu kosong, selesai razia pelanggan kembali mendudukinya.

“Olehnya itu saya pernah menegur salah satu pemilik usaha, jika boleh tidak perlu menggunakan kursi banyak, minimal empat saja dalam satu meja, kursi yang lain agar diminggirkan saja tidak perlu ditandai seperti itu,” ungkapnya.

Trisno Yunianto. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Menurutnya, sejauh ini belum ada pelaku usaha yang ditutup atau dicabut izinnya karena melanggar prokes.

“Yang kami baru terapkan sanksinya yakni teguran lisan dengan denda menyiapkan masker sebanyak 50 lembar, kemudian memberikan santunan kepada anak yatim. Sementara untuk penutupan usaha kami belum lakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Yustisi yang terdiri dari Satpol PP Kota Palu, Dishub, Disperindag, bagian protokol dan komunikasi pimpinan Setda Palu beserta Polisi dan TNI, kembali menyasar lokasi keramaian disejumlah tempat hiburan.

Operasi Yustisi kali ini dilaksanakan di salah satu cafe di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Mantikulore, belum lama ini. Para petugas menyampaikan kepada pemilik cafe agar selalu mengingatkan pengunjungnya untuk mencuci tangan saat masuk cafe, mengatur jarak, dan menggunakan masker. Setelah itu, dilanjutkan giat ke lokasi hiburan Citra Land, Kecamatan Palu Utara, masih didapatkan pelanggaran prokes sehingga pengelola ditegur dan membuat pernyataan agar mematuhi aturan 3 M tersebut.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas