Home Parigi Moutong

Kampus Politeknik Dibangun di Dua Desa di Parimo

21
Samsurizal Tombolotutu. (Foto: Metrosulawesi/ Zulfikar)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) menyetujui pembangunan sarana perkuliahan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Parigi Moutong.

“Saya selaku Bupati Parimo merasa senang, Alhamdulillah pemerintah pusat malalui Kementreian Kelautan dan Perikanan tengah menyetujui pembangunan sarana perkuliahan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Parimo,” terang Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat pimpin rapat di hadapan Kepala OPD Parimo, bertempat di Pantai Lolaro Desa Tinombo, Jumat 22 Januari 2021.

Lanjut dia, dari beberapa provinsi dan kabupaten kota di Indonesia memperebutkan pembangunan Politeknik Kelautan dan Perikanan untuk dibuka di daerahnya, hanya Parigi Moutong satu satunya daerah yang disetujui.

“Kita bersyukur karena dari sekian Politeknik yang diminta oleh masing masing provinsi, hanya Parigi Moutong yang di setujui,” tutur Samsurizal.

Samsurizal mengatakan, bahwa pada awal Februari 2021 akan dilaksanakan kuliah perdana sebanyak 50 orang di lokasi Pantai Mosing, Desa siney Kecamatan Tinombo Selatan.

“Untuk diketahui, disetujuinya perkuliahan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Parigi Moutong, karena Pusat menilai bahwa hanya Parigi Moutong yang punya kesiapan untuk pembangunan perkuliahan. Sehingga, semua ini nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat Parigi Moutong dengan adanya Politeknik Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, 2 kampus tempat perkuliahan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Parigi Moutong yakni di Wisata Pantai Mosing Desa Siney dan Desa Poli Kecamatan Tinombo Selatan.  Desa Poli direncanakan akan dibangun kampus permanen oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

“Insya Allah sesuai janji KKP ke saya, kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan di Parigi Moutong akan dibangun permanen oleh Kementerian KKP di Desa Poli Kecamatan Tinombo Selatan,” ungkap Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu pada Sabtu 23 Januari 2021.

Samsurizal juga mengatakan, untuk Kampus Diploma Satu (D1) dan Diploma Dua (D2) Kampusnya berada di Pantai Mosing Desa Siney. Sedangkan untuk D3 dan S1, Kementerian KKP mengiginkan perkuliahannya di kampus Desa Poli Tinombo Selatan.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas