Home Palu

Kini, Daftar KIA Lewat Online

Fajarini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Palu, Fajarini mengungkapkan, bagi masyarakat Palu yang ingin mendaftarkan anaknya untuk memiliki Kartu Identitas Anak (KIA), saat ini bisa melalui pendaftaran online.

“Bukan hanya KIA yang bisa didaftar secara online, dokumen kependudukan lainya seperti e-KTP, KK, akte kelahiran itu pendaftaran bisa online. Jadi masyarakat tinggal datang ke kantor Disdukcapil untuk mengambil hasilnya, nanti diinfokan kapan bisa diambil dokumenya,” jelas Fajarini, melalui ponselnya, Rabu, 20 Januari 2021.

Namun kata Fajarini, fokus Disdukcapil sesuai keputusan rapat baru-baru ini, bahwa setiap pengurusan kartu keluarga atau akte lahir, itu harus dicek. Apakah anaknya itu sudah diterbitkan KIAnya atau belum, jika belum kartu KIA itu langsung dicetak.

“Artinya semua pelayanan dokumen kependudukan saat ini semua bisa daftar online, bisa juga langsung daftar di kantor atau kita juga membuka pelayanan di kecamatan-kecamatan selain di Mantikolore dan Ulujadi,” katanya.

Tetapi kata Fajarini, di Kecamatan Ulujadi rencananya pelayanan Disdukcapil bakal dibuka dalam waktu dekat ini.

“Kalau dokumen kependudukan selain e-KTP dan KIA, seperti Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran itu masyarakat sekarang bahkan bisa mencetak sendiri di rumah, karena sudah mengunakan kertas HVS,” ujarnya.

Sehingga menurut Fajarini, bagi masyarakat yang sudah daftar online, itu biasanya di kirimkan Pdfnya melalui email, dan disarankan kalau bisa cetak sendiri dari rumah, tetapi jika tidak bisa cetak tentunya harus ke kantor mengambil dokumenya.

Sementara itu, kata Fajarini, terkait Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) saat ini masih belum berfungsi, sebab ada terkendala di sistem karena ada sel-sel yang perlu diperbaiki, karena yang jadi masalahnya saat ini di print KTP-elnya belum bisa berfungsi.

“Posisi ADM itu sekarang ada di PTSP, sehingga sebenarnya tidak mengangu pelayanan, karena kami juga punya loket untuk melayani masyarakat di kantor tersebut. Tetapi target kami ADM itu akan segera digunakan, tinggal menunggu teknisi dari pusat untuk memperbaikinya, sehingga dapat berfungsi kembali, sebab ADM itu harus digunakan jika tidak nanti kami akan kena temuan,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas