Home Sigi

Bupati Sigi Dukung Pembangunan PLTA

18
VIRTUAL - Pertemuan membahas rencana pembangunan PLTA Salo Pebatua 2 di sungai Lariang Kecamatan Pipikoro dan Kulawi Selatan, secara virtual, Selasa, 19 Januari 2021. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melakukan pertemuan dengan PT. Lentera Damar Amerta secara virtual, Selasa, 19 Januari 2021. Pertemuan itu membahas rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Salo Pebatua 2 di sungai Lariang Kecamatan Pipikoro dan Kulawi Selatan. Bupati Sigi, Mohamad Irwan, menyampaikan bahwa Pemkab Sigi pada dasarnya mendukung rencana pembangunan PLTA tersebut.

Menurutnya hal itu adalah untuk kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk memajukan Kabupaten Sigi.

Meski demikian, dukungan tersebut ia sampaikan dengan beberapa catatan, seperti pembangunan yang dilakukan harus sejalan dengan konsep pembanguan berkelanjutan yang ramah lingkungan dan tidak merugikan masyarakat sekitar. Mohamad Irwan juga menyampaikan beberapa masukan dari masyarakat dan LSM atau organisasi masyarakat terkait dengan pembangunan tersebut. Diantaranya agar masyarakat sekitar dapat dilibatkan dalam proses pembangunan PLTA dan bagaimana mekanisme jika ada relokasi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan nantinya.

“Pada dasarnya pemkab mendukung rencana pembangunan PLTA,” kata bupati.

Dalam pertemuan virtual itu Komisaris PT. Lentera Damar Amerta, Herman bersama tim memaparkan gambaran garis besar rencana pembangunan tersebut.

Herman menyebutkan bahwa pihaknya melihat potensi debit air yang besar, yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat, khususnya di sekitar lokasi sungai Lariang.

Herman juga menyampaikan bahwa pembangunan akan dilakukan sejalan dengan konsep pembangunan ramah lingkungan, dengan melibatkan masyarakat setempat. Kemudian terkait relokasi Herman mengatakan pihaknya akan melakukan peninjauan dan tindaklanjut apabila nantinya ada masyarakat yang harus direlokasi.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas