Home Palu

Civitas Untad Kumpulkan Donasi Rp70 Juta

15
Drs Samsumarlin M.Si. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Civitas Universitas Tadulako (Untad) mengumpulkan donasi hampir mencapai Rp70 juta untuk korban bencana di Sulawesi Barat (Sulbar). Donasi ini dikumpulkan melalui pihak fakultas dan lewat rekening bank Untad peduli sejak Jumat, 15 Januari 2021.

Penanggung Jawab Penggalangan Dana Untad Peduli, Drs Samsumarlin M.Si, mengungkapkan Tim Untad Peduli bersama pengurus BEM akan berangkat ke Mamuju menggunakan dua unit bus pada Selasa, 19 Januari sore atau paling lambat Rabu, 20 Januari pagi.

“Penyaluran akan dikoordinasikan Tim Untad dengan pemerintah setempat yang lebih awal telah di lokasi bencana,” ungkap Samsumarlin kepada Metrosulawesi, Selasa, 19 Januari 2021.

Donasi yang terkumpul dibawa dalam bentuk barang sesuai kebutuhan korban bencana di Sulbar. Barang yang dimaksud berupa sembako diantaranya beras yang mencapai 3 ton dan makanan siap saji.

Selain itu, tim Untad juga membawa terpal (tenda) ukuran 4×5 dan terpal ukuran 4×6 masing-masing 10 serta tikar plastik sebanyak 39.  Untuk keperluan memasak, akan disumbangkan minyak goreng kemasan mencapai 240 liter. Sementara untuk disiapkan sabun mandi sebanyak 48 lusin. Barang lainnya masker, makanan ringan biskuit, susu beruang dan obat-obatan.

Samsumarlin mengatakan meski bantuan telah diantar ke korban bencana, pihaknya tetap membuka rekening Untad Peduli melalui BNI Nomor 0978801226 atas nama Universitas Tadulako.

Demikian juga posko pengumpulan barang di Rektorat Untad akan tetap dibuka untuk disumbangkan kepada warga terdampak bencana di Sulbar. Dipastikan, barang yang terkumpul akan sampai kepada masyarakat penyintas.

“Kita tetap akan mendistribusikan ke sana (Sulbar). Kalau banyak kita turun untuk gelombang kedua, tapi kalau sedikit akan dititip ke teman-teman,” tandas Samsumarlin.

Sebelumnya, Samsumarlin menuturkan Rektor Untad, Prof Mahfudz telah menginstruksikan tim penggalangan dana bergerak cepat. Tujuannya agar korban gempa bisa segera menerima bantuan yang disalurkan. Diketahui, Untad rutin melakukan penggalangan dana untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana. Salah satu yang terbaru, tim Untad menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas