Home Nasional

Siswi MAN 1 Palu Wakili Sulteng ke Nasional

14
Zaenab. (Foto: Istimewa)
  • Mahdya Berhasil Masuk di Ajang NDO 2021

Palu, Metrosulawesi.id – Salah seorang siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Palu, Mahdya Putri Datungsolang, masuk Babak Final pada ajang olimpiade bahasa Jerman tingkat Nasional atau Nationale Deutscholympiade (NDO) 2021.

Mahdya masuk pada urutan ke-3 setelah siswi SMAN 1 dan SMAN 3 Palu, pemenang Babak penyisihan NDO 2021. Selain itu Mahdya, ada juga satu lagi siswa MAN 1  Palu yang bernama Annisa Ainun Mardhiyah, masuk di urutan ke-6. 

Menurut Kepala MAN 1 Palu, Zaenab, NDO dimulai dengan seleksi peserta di tingkat provinsi atau wilayah di Indonesia. Proses seleksi di tingkat wilayah ini diselenggarakan oleh panitia di provinsi atau wilayah masing-masing. 

“Dalam NDO, peserta dituntut untuk membuktikan kemahiran berbahasa Jerman, yaitu membaca, menyimak, menulis, dan berbicara,” jelas Zaenab.

Zanab mengaku, bangga meski di tengah pandemi Covid 19, siswa MAN 1 Palu tidak kehilangan orientasi untuk berprestasi.

“Alhamdulillah dua siswa Kami, masuk peringkat sepuluh besar, yakni diurutan ke-3 dan ke-6,” ujarnya.

Kata dia, NDO 2021 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, diikuti sebanyak 25 siswa dari berbagai sekolah di Sulteng. Berdasarkan hasil keputusan panitia pelaksana, hanya peringkat 1 hingga 3 saja yang akan mengikuti babak Final.

“Olehnya itu yang akan masuk babak final hanya siswa kami saja yakni Madhya,” ungkapnya.

Menurutnya, dua siswa MAN 1 Palu yang mengikuti olimpiade ini dibina oleh guru mata pelajaran bahasa Jerman, atas nama Nur Anna Jafar.

“NDO 2021 dilaksanakan oleh Goethe-Institut Indonesien bersama Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI). Babak Final NDO 2021 akan dilaksanakan 28 Januari 2021 secara daring,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas