Home Sigi

Bupati Minta Mendes PDTT Bantu Sigi

14
KUNJUNGAN - Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dan istri saat kunjungan kerja di Sigi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Mohamad Irwan berharap Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar dapat merumuskan kebijakan-kebijakan yang efektif di tingkat pusat untuk membantu pengentasan ketertinggalan di Kabupaten Sigi.

“Pemerintah daerah memiliki keyakinan bahwa melalui kunjungan kerja Bapak Menteri ini akan berkenan melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi mengenai pelaksanaan pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Sigi,” harap Bupati Irwan kepada Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat kunjungan kerja di Kabupaten Sigi, Sabtu, 16 Januari 2021.

Irwan meyakini, pembangunan yang dimulai dari desa menjadi jalan sekaligus solusi untuk mensejahterakan rakyat.

“Capaian program dan kegiatan pembangunan yang telah difasilitasi oleh pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi pada dasarnya belum maksimal dengan kompleksitas permasalahan dan kebutuhan pembangunan di Kabupaten Sigi,” ujarnya.

Kata dia, keterbatasan sumber daya manusia, pendanaan, alih fungsi lahan yang semakin tinggi keterbatasan personil di lapangan dan sebagainya merupakan kendala utama saat ini. 

“Besar harapan kami, bapak Menteri dapat terus memberikan perhatian kepada Kabupaten Sigi saat ini. Apalagi kita ketahui bersama Kabupaten Sigi adalah Kabupaten yang terdampak bencana dan saat ini masih dalam keadaan pandemi Covid-19,” harapnya.

Mendes PDTT: Maksimalkan Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), Abdul Halim Iskandar mengungkapkan dana desa yang dikelola masing-masing desa dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, utamanya dalam menyiapkan generasi ke depan.

“Maksimalkan dana desa utamanya untuk menyiapka generasi ke depan,” ungkap Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat kunjungan kerja di Kabupaten Sigi, Sabtu, 16 Januari 2021.

Pada intinya kata dia, Presiden Joko Widodo selalu menekankan agar dana desa hanya boleh digunakan dua hal. Pertama untuk pertumbuhan ekonomi dan yang kedua untuk peningkatan sumber daya manusia.

“Oleh karena itu diharapkan kehadiran dana desa bisa dirasakan oleh warga masyarakat desa, bukan hanya dirasakan oleh sebagian besar, tapi dirasakan oleh semua warga desa,” jelasnya.

Mendes Abdul Halim Iskandar melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Sigi dalam rangka sinergitas program pembangunan desa berbasis Sustainabel Development Goals (SDGs) desa atau pembangunan desa yang berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Inilah yang kemudian harus menjadi rujukan kita membangun desa dengan menggunakan referensi SDGs Desa. SDGs Desa itu memberikan dua arah, pertama arah pembangunan kewargaan yang kedua arah pembangunan kewilayahan. Karena, dua arah ini yang harus dibangun,” jelasnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas