Home Sulselbar

Solidaritas Sulteng untuk Sulbar, Pemprov Kirim Bantuan

18
Ridwan Mumu. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Sesaat setelah dilanda gempa, segenap bantuan langsung mengalir ke Sulbar. Pemprov Sulteng telah mengirimkan satu truk berisi bantuan. Pun Brimob Polda dan Basarnas Palu telah mengirimkan perosonelnya ke provinsi tetangga itu.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sulteng, H Ridwan Mumu mewakili Pemprov Sulteng membawa langsung bantuan tersebut, Jumat, 15 Januari sore.

“Tadi pagi (kemarin), ada perintah bapak gubernur kepada dinas sosial untuk sesegera mungkin membantu saudara-saudara kita yang ada di Sulbar,” ungkap Ridwan kepada Metrosulawesi, Jumat, 15 Januari 2021.

Dia menjelaskan bantuan yang dibawa terdiri atas kebutuhan pangan seperti beras, mie instan, telur, gula, kopi, sayur-mayur dan lainnya. Juga dibawa bantuan tenda untuk mendirikan dapur umum di lokasi bencana.

Selain kebutuhan pangan dan tenda, Dinsos juga membawa personel Tanggap bencana (Tagana) gabungan sekitar 50 orang. Personel Tagana tersebut berasal dari Dinsos Provinsi Sulteng, Dinsos Kota Palu, dan Dinsos Parigi Moutong (Parimo).

Personel Tagana dibawa untuk mendirikan dapur umum yang akan digunakan tempat menyiapkan makanan bagi warga. Selain itu, gegana juga akan membantu evakuasi korban bencana, reruntuhan bangunan dan barang-barang warga.

“Dapur umum kami dirikan untuk memastikan semua penyintas (korban) bencana bisa makan besok pagi (hari ini). Tim Tagana akan saya gerakkan di sana (Sulbar) selama tujuh hari kedepan,” ucap Ridwan.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng itu mengatakan tiga dapur umum akan didirikan dari Dinsos Provinsi Sulteng, Dinsos Kota Palu, dan Dinsos Parimo. Bantuan ini disebut sebagai tahap pertama yang disalurkan Pemprov Sulteng untuk korban bencana Sulbar.

Ridwan mengaku bantuan tahap pertama terbatas karena anggaran tahun 2021 belum ada. Atas hal tersebut, Dinsos dikatakan memaksimalkan stok bantuan yang ada untuk membantu warga Sulbar.

Namun Gubernur Longki Djanggola kata Ridwan telah memastikan akan menyalurkan bantuan tahap kedua pada Senin, 18 Januari 2021. Dipastikan bantuan tahap kedua akan lebih banyak.

“Kita berharap apa yang diberikan kepada Sulbar bisa mengobati kesedihan seperti mereka membantu kita saat bencana 28 September 2018,” tandas Ridwan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas