Home Palu

Pasien Covid RS Undata Melonjak

15
dr Amsyar Praja. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Jelang pelaksanaan vaksinasi Sinovac kepada masyarakat umum, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 melonjak di RSUD Undata. Saat ini, jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sulteng itu mencapai 40 orang.

“Masih banyak (pasien corona), masih full-full itu,” ungkap Wakil Direktur RSUD Undata Bidang Pelayanan, dr Amsyar Praja, Rabu, 13 Januari 2021.

Dia mengatakan 40 pasien tersebut sudah terkonfirmasi positif terpapar corona berdasarkan hasil swab. Bahkan beberapa dikatakan terpaksa harus dirawat di ICU karena kondisi yang membutuhkan penanganan khusus. Sebagian lagi menjalani perawatan di ruang isolasi dengan pengawasan oleh tenaga kesehatan.

“Setiap hari ada yang keluar karena sudah sembuh, tapi ada juga yang masuk, silih bergantilah,” ucap Amsyar.

Amsyar mengharapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan (3M). Meskipun vaksinasi sudah mulai, masyarakat disebut tetap harus menerapkan 3M. Pencegahan melalui 3M tetap menjadi hal yang utama.

“Vaksin-kan hanya pelengkap saja, yang utama 3M itu, harus tetap dilaksanakan,” tandas Amsyar.

Sebelumnya, Amsyar menuturkan pasien terindikasi terpapar virus corona di RSUD Undata masih terus bertambah. Dikatakan, rata-rata dalam sehari pasien covid bertambah satu sampai dua orang.

Dia menjelaskan sejumlah pasien yang dirujuk ke RSUD Undata datang dengan kondisi gejala indikasi terpapar covid. Dengan masih bertambahnya pasien corona, RSUD Undata disebut menambah jumlah dokter untuk membantu penanganan.

“Jadi kalau kondisi pasien butuh penanganan bedah, maka dokter bedah yang masuk,” ujar Amsyar.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas