Home Politik

Muswil PKB Sulteng Tanpa Voting, DPC/DPW Ajukan Calon ke DPP

30
BERI KETERANGAN - Ketua DPW PKB Sulawesi Tengah HM Amin Thahir (kedua dari kiri) saat jumpa pers di Palu, Kamis 14 Januari 2021. Mereka menjelaskan soal mekanisme baru pemilihan Ketua DPW PKB pada musyawarah wilayah di Palu, hari ini Sabtu, 16 Januari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Pataruddin)

Palu, Metrosulawesi.id – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Sulawesi Tengah, hari ini menghelat suksesi untuk kepengurusan 2021-2026. Pemilihan ketua tidak lagi dilakukan melalui pemungutan suara (voting), melainkan melalui sistem formatur yang sudah diajukan seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan DPW di Sulawesi Tengah. Minimal lima nama diajukan ke Dewan Pengurus Pusat, lalu dikonsultasikan ke DPW untuk menentukan siapa saja yang dinilai layak memimpin partai lima tahun ke depan.

Ketua DPW PKB Sulawesi Tengah periode 2015-2020 HM Amin Thahir menjelaskan hal itu kepada sejumlah jurnalis pada konferensi pers persiapan Musyawarah Wilayah DPW PKB Sulawesi Tengah, Kamis, 14 Januari 2021 di Palu.

Untuk pelaksanaan kata Amin, sudah siap diselenggarakan. Kegiatan pembukaan berlangsung pada sore hari Sabtu dan akan dibuka secara virtual oleh Ketua Umum DPP PKB Dr Ahmad Muhaimin Iskandar melalui virtual. Pada saat bersamaan, juga digelar 14 musyawarah wilayah PKB lainnya di Indonesia.

“Adapun agenda muswil nantinya adalah menilai laporan pertanggungjawaban pengurus lama, menyusun program kerja serta melengkapi kepengurusan pengurus baru periode 2021-2026,” katanya.

Khususnya melengkapi kepengurusan kata Amin, karena nama-nama formatur dan ketua terpilih sudah ada dari DPP PKB yang hadir dalam muswil nantinya.

“Nama-nama formatur dan ketua terpilih itu sudah melalui mekanisme pengajuan dari 13 DPC kabupaten/kota di Sulawesi Tengah serta DPW serta dan sudah melalui tahap konsultasi bersama DPW dan DPP. Jadi pada pleno keenam nantinya tinggal pengesahan dan pelantikan saja oleh DPP,” kata Amin.

Amin juga menyampaikan, ada tiga pengurus DPP PKB yang hadir nantinya dan akan bertindak sebagai pimpinan sidang pleno selama muswil berlangsung.

Selain itu, Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang juga Ketua DPP PKB Dr Halim Iskandar juga sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada muswil yang akan dilangsungkan di Hotel Best Western Coco Plus Palu, Sabtu-Ahad, 16-17 Januari 2021.

Ketua Panitia Muswil PKB Djayadin Djuhaepa mengatakan pda prinsipnya panitia sudah siap menyelenggarakan kegiatan lima tahunan tersebut.

“Semua persiapan sudah dilakukan dan tinggal hari penyelenggaraan saja. Pelaksanaan muswil juga tetap mengacu dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan,” kata Djayadin Djuhaepa.

Turut hadir dalam jumpa pers itu, Ketua Steering Comittee Muh Rusdi Tenri serta bendahara panitia muswil.

Reporter: Pataruddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas