Home Hukum & Kriminal

Buron 6 Bulan, Satu Tersangka Curas Diganjar Timah Panas

DI KURSI RODA - Sempat buron 6 bulan, tersangka kasus Curas yang juga merupakan Debt Collector (duduk), terpaksa dilumpuhkan pihak Kepolisian Resor Palu. (Foto: Dok. Polres Palu)
  • Empat Debt Collector Diciduk, Karena Lakukan Aksi Perampasan Mobil

Palu, Metrosulawesi.id – Setelah sempat buron kurang lebih Enam Bulan, sejak dikeluarkanya Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus tindak pidana Pencurian yang di sertai dengan kekerasan (Curas), pada bulan Juli 2020 lalu seorang Pria yang berprofesi sebagai Debt Collector, berhasil di tangkap Tim Buser Sat Reskrim Polres Palu, Rabu 13 Januari 2021.

Selain mengamankan satu DPO kasus Curas, petugas juga mengamankan tiga rekannya yang juga berprofesi sebagai Debt Collector, yang juga telah menjadi target Operasi (TO) Sat Reskrim Polres Palu.

Debt Collector yang berhasil diamankan itu adalah Ovan Andika alias Opan (35), warga Kabupaten Sigi, yang merupakan DPO Kasus Curas yang terjadi pada  22 Juli 2020 lalu, di jalan W.R Supratman, Kota Palu, serta tiga rekanya yakni Filkarnain alias Fikar (37), Nirwan alias Iwan (43) yang keduanya merupakan warga Kabupaten Sigi, serta Fadil Halim alias Nyong(40) warga Kota Palu.

Kasat Reskrim Polres Palu AKP Sigit Suhartanto SIK, Kepada Wartawan Metrosulawesi, Kamis 14 Januari 2021, mengatakan bahwa empat tersangka tindak pidana kasus Curas itu, diamankan saat berada diparkiran kantor Asuransi Sinar Mas, yang berada di Jalan Mesjid Raya, Kota Palu.

“Salah satu tersangka yang bernama OP alias Opan, merupakan DPO Reskrim Polres Palu, dengan nomor :DPO/31/VII/ 2020/Reskrim, tanggal 26 Juli 2020,” tegasnya.

Sigit menjelaskan bahwa, penangkapan terhadap tersangka berawal dari laporan yang di terima terkait dengan tindak pidana Pencurian Dengan Kekerasan/Perampasan mobil, yang terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, pada Selasa 12 Januari 2021.

Mendapati laporan itu, Kanit Krimum  IPDA I Made  Deva Dwi Wiguna S.Tr.K, didampingi  Kanit  Buser Polres Palu AIPA Edy Suryono,SH, bersama dengan personelnyalangsung melakukan peyelidikan dan mengetahui bahwa salah satu pelaku adalah DPO, dan pada pada Rabu 13 Januari 2021, sekitar pukul 13.50 WITA, berhasil menangkap empat tersangka tersebut.

“Salah satu tersangka Ovan Andika alias Opan, terpaksa diberikan tindakan tegas terukur, dikarenakan tersangka berusaha kabur.Kami harus melumpuhkan tersangka dengan menembak dibagian kakinya,” tegas Sigit.

Kasat Reskrim Polres Palu AKP Sigit Suhartanto, juga menjelaskan bahwa dihadapan penyidik tersangka mengakui telah melakukan aksi perampasan mobil, di tujuh Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Saat ini tersangka dan barang bukti berupa dua unit kendaraan roda empat, sudah di amankan di Mapolres Palu, guna penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

“Kami tidak ikut campur dalam urusan utang piutang karena itu wewenang pihak lain, dan Polres Palu mengurus laporan perampasannya karena ada pelanggaran hukum, dan kepada terduga pelaku disangkakan dengan tindak pidana perampasan yang diatur dalam Pasal 368 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana atau KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Opan Cs telah melakukan aksi premanisme dengan mengatasnamakan debt collector, sempat viral di media sosial pada bulan Juli tahun 2020, dan kasus tersebut menjadi perhatian serius pihak Polres Palu.

Reporter: Djunaedi, Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas