Home Palu

Lagi, Kantor Imigrasi Palu Ditutup

16
PENYEMPROTAN DISINFEKTAN - Tampak petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Kantor Imigrasi Palu, pada penutupan pertama akhir November 2020. (Foto: Dok Imigrasi)
  • Satu Petugas Positif Terpapar Covid

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu kembali ditutup dampak satu petugas terpapar Covid-19. Kantor Imigrasi Palu ditutup selama empat hari mulai Selasa-Jumat, 12-15 Januari 2021.

“Iya, tutup dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan upaya sterilisasi di lingkungan kantor,” ungkap Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Palu, Danil Rachman, Selasa, 12 Januari 2021.

Danil menjelaskan satu orang petugas Imigrasi Palu dinyatakan positif terpapar Covid berdasarkan hasil swab test pada 11 Januari 2021. Untuk memutus penyebarannya, maka diputuskan menutup pelayanan, baik untuk WNI maupun WNA.

“Kami berencana akan melakukan rapid test antigen jika anggaran memungkinkan untuk seluruh pegawai Kantor Imigrasi Palu,” ucapnya.

Dia mengungkapkan bagi pemohon paspor yang telah memiliki nomor antrean dapat digunakan saat pelayanan dibuka kembali. Untuk pelayanan perpanjangan izin tinggal WNA dapat dilakukan melalui laman https://izintinggal-online.imigrasi.go.id.

Diketahui, Kantor Imigrasi Palu sempat ditutup pada 25 November hingga 8 Desember 2020.

Sama seperti penutupan saat ini, dilakukan dalam rangka pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran covid-19.

Saat itu, penutupan menyusul keluarnya hasil swab test polymerase chain reaction (PCR) pegawai Imigrasi yang dilakukan selama tiga hari mulai Selasa-Kamis, 17-19 November 2020. Dari hasil PCR swab, dinyatakan sebanyak empat orang pegawai Imigrasi Palu positif terpapar covid.

Hasil tes PCR tersebut dikeluarkan oleh salah satu laboratorium kesehatan swasta di Kota Palu. Danil mengatakan pertimbangan utama menutup pelayanan di Kantor Imigrasi untuk melaksanakan sterilisasi. Sterilisasi dimaksud berupa penyemprotan disinfektan di area Kantor Imigrasi Palu.

Danil menyebut empat pegawai Imigrasi yang dinyatakan positif terpapar covid kala itu tanpa gejala. Keempatnya menjalani isolasi mandiri sambil pemeriksaan lanjutan dari instansi terkait. Pegawai yang terpapar diketahui tidak memiliki riwayat perjalan dari luar kota dalam beberapa waktu terakhir. Belum diketahui darimana keempatnya terpapar virus corona (Covid-19).

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas