Home Ekonomi

BCA Palu Diduga Raibkan Uang Nasabah Rp80 Juta

19
Taufik. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Dana senilai Rp80 juta milik nasabah atas nama Taufik,  diduga raib atau hilang di tabungan miliknya saat menabung di Bank Central Asia (BCA) yang beralamat jalan Moh. Hatta, Kota Palu. Kejadian ini terjadi pada 14 Desember 2020 lalu.

Taufik menegaskan pihaknya sangat menyesalkan dana miliknya yang ditabung  di BCA Palu bisa raib. Taufik pun mengaku sakit hati atas sikap pihak BCA Palu yang kurang lebih 11 kali telah ditemuinya benar-benar lepas tanggung jawab untuk bisa mengembalikan dananya yang diduga raib atau hilang tersebut.

Bahkan, salah seorang karyawan bagian Customer Service (CS) BCA Palu saat dimintai tanggapan beberapa waktu lalu dengan enteng mengatakan pihaknya tidak bisa menjamin bahwa dana yang hilang tersebut bisa dikembalikan.

“Saya sangat kecewa dengan pihak BCA, tidak bertanggung jawab atas perlindungan dana tabungan milik nasabahnya, padahal melalui bukti rekening koran yang ditunjukkan, benar-benar bahwa dana tabunganku jelas ada yang ambil,” ungkap Taufik di Palu, Senin 11 Januari 2021.

“Bukti rekening koran jelas ada yang mengambil danaku, dan pihak BCA harus bertanggung jawab atas kehilangan dana tabungan miliknya,” sebutnya.

“Saya berani menabung di BCA karena saya rasa bahwa uang saya aman disana, tetapi kenyataannya, uang saya raib Rp80 juta, pihak bank seakan berlepas tangan untuk bisa mengembalikan dana tabunganku,” kesalnya.

Bahkan menurutnya, pihak BCA hanya meminta dirinya untuk menempuh jalur hukum. “Saya percaya dan yakin kalau bank sekelas BCA bisa melindungi dana nasabahnya, makanya saya menabung disana, namun kenyataan berbalik, menabung disana (bank BCA) sudah tidak nyaman, apalagi tidak ada tanggung jawab untuk mengembalikan dana tabunganku yang hilang,” kata dia.

“Uang Rp80 juta yang hilang itu tidak kecil, itu dana tabunganku hasil jerih paya dan usaha saya, mohon pihak BCA bisa memahaminya,” bebernya.

Saat Taufik menemui pimpinan BCA Palu, dirinya hanya  dipersilahkan menempuh jalur hokum  ke kepolisian.

Terpisah, Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Palu AKP Sigit, saat ditemui kemarin mengatakan, pihaknya telah menerima laporan aduan dari Nasabah BCA Palu atas nama Taufik dan telah dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) beberapa waktu lalu, dan kini dalam proses penanganan secara mendalam.

Kata dia, kasus tersebut masuk dalam ranah kriminal khusus sehingga bentuk penanganannya serius dan mendalam, dan tentu membutuhkan waktu, tidak seperti membalikkan telapak tangan.

“Kita penyelidikannya nanti pasti mendalam, dan memang tidak serta merta, karena perkara dilaporkan apalagi perkara khusus (kriminal khusus) ini, tidak semudah membalikkan telapak tangan, jadi memang membutuhkan pendalaman,” ungkapnya.

“Kita akan koordinasi ke pihak bank secepatnya, mungkin besok (hari ini-red), baru kita buatkan surat ke mereka siapa yang bisa memberikan statement terkait adanya rekening yang masuk dan keluar,” tambahnya.

“Nanti kami koordinasi ke Polda terkait dengan kasus ini juga. Kita juga belum bisa menduga-duga apakah karena kesalahan sistem atau apalah, tetapi secepatnya kita tangani,” tegasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas