Home Sulteng

Vaksinasi Nakes Terbagi Dua Termin

29
dr I Komang Adi Sujendra. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Sulteng Dapat Tambahan 11.000 Dosis

Palu, Metrosulawesi.id – Vaksinasi virus corona (Covid-19) di daerah dimulai Kamis, 14 Januari 2021. Sasaran vaksinasi para tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng, dr Komang Adi Sujendra, mengungkapkan vaksinasi untuk para nakes terbagi dalam dua termin. Termin pertama dimulai pada 14 Januari untuk tiga daerah di Sulteng yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Poso.

“Ini sudah pas dengan sistem ya, dua dosis untuk tiap nakes di daerah-daerah itu,” ungkap Adi, Selasa, 12 Januari 2021.

Dia melanjutkan untuk termin kedua akan dilaksanakan sekitar bulan Februari 2021 mendatang dengan sasaran para nakes di 10 kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Tapi saya belum bisa memastikan tanggalnya untuk 10 kabupaten lainnya. Ini masih gelombang pertama untuk para nakes. Kalau masyarakat umum, belum,” ucap Adi.

Adi juga mengungkapkan Sulteng sudah mendapat tambahan vaksin Sinovac beberapa hari lalu untuk gelombang kedua. Vaksin telah tiba di Palu dan telah masuk ke gudang penyimpanan farmasi. Jumlah dosis yang tiba sama dengan jumlah dosis pada pengiriman pertama lalu sekitar 11.000 dosis.

Sedangkan saat ini, kata dia, telah dimulai proses koordinasi terkait pendistribusian vaksin tersebut ke tiga daerah (Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Poso) yang telah ditetapkan untuk termin pertama.
Sebelumnya, Adi menjelaskan sesuai petunjuk pusat, vaksinasi tahap pertama disuntikkan kepada nakes dan dilanjutkan ke petugas pelayanan publik seperti ASN, guru, dan TNI/Polri. Setelahnya barulah ke masyarakat umum yang diawali para lansia (lanjut usia).

Dia menerangkan jumlah Nakes sekitar 22.100 orang yang tersebar di kabupaten/kota di Sulteng. Masing-masing akan menerima vaksin sebanyak dua dosis dengan penyuntikan dua tahap.

Vaksin rencananya akan dikirim ke Sulteng sebanyak tiga tahap setelah usai vaksinasi pertama. Saat ini, vaksin yang telah tiba di Palu disimpan di Instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Sulteng Jalan Undata. Dari Bandara Sis-Aljufri, vaksin diangkut menggunakan mobil box dengan pengawalan ketat oleh aparat kepolisian setempat.

Nantinya, pembagian jatah vaksin didasarkan tingkat atau zona penyebaran virus corona di kabupaten/kota. Adi menyebut tenaga kesehatan untuk menyutikkan vaksin telah mengikuti pelatihan secara virtual.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas