Home Sulteng

Pasien Isolasi Mandiri Capai 80 Persen

30
Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (DKIPS) mencatat angka pasien covid-19 yang menjalani isolasi madiri yaitu sekitar 80,87 persen di daerah ini.

Hal ini diungkapkan Kepala DKIPS Provinsi Sulteng, Hj Faridah Lamarauna, berdasarkan data statistik penyebaran perawatan pasien covid-19 pada rumah sakit rujukan dan isolasi mandiri.

“Karena isolasi di rumah ini bukan sesuatu yang sulit, sesuatu yang sederhana. Namun membutuhkan komitmen yang kuat, bukan hanya dari pasiennya tetapi juga dari keluarganya,” ungkap Faridah, Senin, 11 Januari 2021.

Faridah menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pasien isolasi mandiri antara lain: Pertama, pasien Covid-19 yang diisolasi di rumah harus selalu mengenakan masker. Kedua, menjaga jarak dengan seluruh anggota keluarga. Ketiga, tidak mencampur alat makan dan minum pasien Covid-19 dengan anggota keluarga yang terbebas dari virus tersebut.

Keempat, memperhatikan asupan gizi. Kelima, tidak kontak dengan anggota keluarga lainnya tanpa alat pelindung. Terakhir, memisahkan tempat tidur bagi penderita Covid-19 dari anggota keluarga.

“Kalau memungkinkan bisa tidur dalam satu kamar yang tersendiri itu lebih baik,” pungkas Faridah.

Diketahui,  data per Minggu, 10 Januari 2021, pukul 16.00 WITA, jumlah komulatip pasien baru terinfeksi virus Corona di Sulteng mencapai 4.649 orang. Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, dalam release Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng,  menyebutkan terjadi penambahan pasien positif sejumlah 145  orang dalam kurun waktu 24 jam.

Penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini, menyebar di 10 daerah  di Sulteng, Dua daerah mencatat tertinggi penambahan pasien baru positif. Kota Palu sebanyak 64 orang, disusul Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) 38 orang.

Dengan tambahan pasien baru tersebut, di Kota Palu total pasien Covid-19 dalam perawatan melebihi angka 800, yakni 852 orang. Sehari sebelumnya, Sabtu (9/1/2021) jumlah pasein Covid-19 dalam perawatan sebanyak 790 orang.

Masih kasus pasien baru positif, di Kabupaten Tojo Una-Una ada tambahan 11 orang, kemudian di Poso 8 orang. Sedang Sigi dan Toli-Toli masing-masing ada tambahan 6 orang,  Banggai Kepulauan 5 orang, Donggala dan Buol, masing-masing ketamabahn 3 orang, serta Morowali Utara (Morut) 1 orang.

Sementara itu, sebanyak 40  orang dinyatakan sembuh dari infeksi virus Corona. Sehingga keseluruhan warga Sulteng yang bebas dari virus mematikan ini, kini berjumlah 2.515 orang. Kabupaten Bangkep mencatat  tertinggi pasien sembuh yakni 22 orang, kemudian disusul Morut 9 orang.

Di Kabupaten Tojo Una-Una terdapat 4 pasien sembuh, Kota Palu dan Toli-Toli masing-masing 2 warganya telah sembuh dari Covid-19, serta di Sigi dilaporkan 1 pasien Covid-19 sembuh.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas