Home Palu

Tiga Unit Sekolah Baru akan Dibangun

14
TINJAU LOKASI - Kadisdikbud Palu, H. Ansyar Sutiadi, saat meninjau lokasi yang rencana akan dibangunkan sekolah baru, di Keluraha Duyu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu tahun ini bakal mengusulkan rencana pembangunan tiga unit sekolah baru di daerah Kelurahan Watusampu, Duyu, dan di Uwentumbu. Demikian dikatakan Kepala Disdikbud Palu, H. Ansyar Sutiadi, belum lama ini.

“Tujuan pembangunan sekolah baru itu untuk mendekatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.Dari tiga unit sekolah baru itu, dua diantaranya adalah Sekolah Dasar (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama (SMP),” jelas Ansyar.  

Ansyar mengatakan, rencananya di Kelurahan Watusampu akan didirikan SMP dan di Kelurahan Duyu dibangun SD, dan begitu juga di Uwentumbu, direncanakan pembangunan SD di wilayah itu. 

“Daerah-daerah ini memang sangat membutuhkan bangunan sekolah karena sekolah terdekat dari masyarakat setempat jaraknya sangat jauh. Contohnya seperti di Kelurahan Duyu bagian selatan, jarak Sekolah Dasar terdekat sekitar 6 sampai 7 kilometer, yakni SD Inpres Duyu,” ungkapnya.

Secara fisik kata Ansyar, anak-anak SD khususnya kelas bawah (kelas 1 sampai kelas 3) tidak memungkinkan setiap hari ke sekolah, dimana mereka harus berjalan sejauh 6 hingga 7 km dari rumahnya.

“Olehnya itu pemerintah harus hadir mendekatkan pelayanan pendidikan ke mereka. Begitu juga di Kelurahan Watusampu, SMP terdekat jaraknya sangat jauh. Hal yang sama pada Kelurahan Kawatuna khususnya di kawasan Uwentumbu, SD terdekat jaraknya sangat jauh ke bawah,” ujarnya.

Menurut Ansyar, dirinya telah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan sekolah di Kelurahan Duyu didampingi sejumlah tokoh masyarakat.

“Masyarakat telah menunjukkan sebidang tanah yang bisa dijadikan lokasi berdirinya sekolah itu, tanah sisa konsolidasi milik pemerintah. Masyarakat berharap, tanah itu bisa digunakan oleh Pemerintah Kota Palu untuk mendirikan bangunan Sekolah Dasar untuk anak-anak mereka di sana,” pungkasnya.

Ansyar mengaku, dari hasil pantauannya di sekitar lokasi itu, terdapat banyak pemukiman penduduk, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Pemerintah Kota Palu untuk membangun satu unit SD di wilayah itu.

“Saya juga telah meminta kepada masyarakat setempat untuk segera bertemu Lurah Duyu untuk meminta surat keterangan. Dari surat keterangan itu akan dilanjutkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ke Pemerintah Kota dalam hal ini OPD yang menangani pertanahan. Dan di 2021 ini proses perencanaannya dulu, nanti eksekusi atau pembangunannya kita berharap bisa dilakukan di tahun 2022,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas