Home Banggai

Bawa Samurai, Sopir Truck Berurusan dengan Polisi

13
DITAHAN - Inilah sopir truck yang kedapatan bawa samurai saat dilakukan penahanan. (Foto: Dok. Polsek Toili)

Banggai, Metrosulawesi.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Tolili, Polres Banggai, menyita sebilah senjata tajam (sajam) jenis Samurai dari seorang sopir truck, Kamis 7 Januari 2021, saat melakukan razia Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

Kapolsek Toili AKP Candra SH, dalam keterangan tertulisnya Jumat 8 Januari 2021, mengatakan bahwa, sajam jenis samurai itu kami sita dari seorang pria yang berinisial IS(45).

“Sopir truck ini mengaku bahwa dirinya membawa senjata tajam untuk membela diri jika terjadi ancaman. Namun membawa samurai melanggar Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951,” ucapnya.

“Pasal 2 ayat (1) dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara, meskipun alasannya sebagai penjaga diri,” jelasnya.

Meski begitu, Candra mengatakan bahwa pihaknya tidak menahan sopir tersebut tetapi hanya menyita barang bukti samurai tersebut, dan memberikan pemahaman dan pembinaan agar tidak lagi mengulangi perbuatannya.

AKP Candra, juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan KRYD tersebut, pihaknya juga mengamankan sejumlah kendaraan bermotor karena tidak tertib berlalu lintas di jalan, diantarany tidak memakai helm, membawa surat-surat serta tidak melengkapi komponen standar kendaraan.

“Ada 10 unit sepeda motor yang diamankan karena tidak tertib berlalu lintas. Akan dilepaskan jika sudah melengkapi seluruh komponen kendarran serta menunjukan surat-surat serta helm,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas