Home Palu

RMP Ubah Status Jadi Ormas

BUKA MUBES - Pembina RMP, Vera Laruni, memukul gong menandai dimulainya Mubes RMP di salah satu hotel di Kota Palu, Sabtu (9/1/2021). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Relawan Merah Putih (RMP) akan mengubah statusnya menjadi organisasi masyarakat (Ormas). Sebelumnya RMP adalah organisasi pemenangan pasangan calom gubernur dan wakil gubernur Rusdi Mastura-Ma’mun Amir. Pasangan ini menang dalam Pilkada Sulteng tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Perubahan status ini, dibahas dalam musyawarah besar (Mubes) RMP yang digelar hari ini, Sabtu 9 Desember 2021, di salah satu hotel di Kota Palu. Mubes diikuti pengurus dari empat daerah masing-masing Kota Palu, Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Sigi. Hadir juga beberapa perwakilan daerah yang akan dibentuk RMP, serta Pembina RMP Rony Tanusaputra dan Vera Laruni.

Ketua Umum RMP Mahfud Masuara mengatakan, setelah pilkada selesai struktur organisasi RMP sudah saatnya berubah dari struktur pemenangan menjadi struktur pelayanan.

”Karena itu status RMP berubah menjadi ormas dan akan kami daftarkan ke Kesabangpol. Untuk strukturnya dibahas dalam mubes, karena tidak ada lagi struktur korkam dan korwil di tingkat kabupaten dan kota,” kata Mahfud.  

Mahfud menegaskan, RMP tidak lagi berbicara tentang pemenangan, karena pilkada sudah selesai. RMP kembali fokus dengan cita-cita awalnya yakni pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan ini, akan dijalankan melalui pembentukan koperasi yang anggotanya seluruh anggota RMP.

Terkait koperasi ini, Pembina RMP, Rony Tanusaputra, mengatakan, RMP akan serius dengan pemberdayaan melalui koperasi. Dia mengaku telah rencana ini mendapat respons baik dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, apalagi jumlah anggotanya hampir mencapai 150 ribu orang. Karena itu dia meminta anggota RMP harus benar-benar riil sesuai by name by address.

Di bagian lain, Rony meminta semua pengurus dan anggota RMP satu dalam visi dan misi organisasi.

”Saya minta anggota RMP ubah mind set, yakni mengarah pada pemberdayaan masyarakat. Kita bantu pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan di Sulawesi Tengah,” katanya.

”Apakah bisa kita satu visi misi?” tanya Rony yang dijawab ”Bisa” peserta mubes. (*)

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas