Home Palu

Pasien Diberi Makanan Bergizi, Didampingi Psikolog

16
JAGA KEBERSIHAN - Petugas kebersihan membersihkan ruang perawatan pasien Covid di RS Darurat Covid di BPSDMD Sulteng. (Foto: Ist/ Fitri Kennedi)
  • Pelayanan di RS Darurat Covid di BPSDMD Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Gelak canda dan tawa dari puluhan warga terdengar di kantor BPSDMD (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Sulawesi Tengah, Jumat 8 Januari 2021. Mereka ternyata adalah pasien Covid-19 yang sedang melakukan senam kebugaran yang digelar Satgas Penanganan Covid Sulteng.

Iringan musik terdengar –mengiringi gerakan senam dari 30-an pasien yang tengah menjalani isolasi di RS Darurat itu.

dr Rizqo, salah satu tim dokter Satgas Penanganan Covid-19 Sulteng yang bertugas di BPSDMD itu mengatakan, senam dilakukan setiap pagi agar pasien terkena sinar matahari pagi.

“Tujuannya untuk menjaga imunitas pasien supaya mereka bergerak aktif. Ada teori berjemur di pagi hari itu, biasa membantu imunitas,” kata dr Rizqo kepada Metrosulawesi, Jumat 8 Januari 2021.

Selain itu katanya, senam di pagi hari juga bisa menghilangkan stres para pasien.

“Karena kalau terus mengurung diri dalam ruangan, pasiennya bisa stres. Nah, kita arahkan untuk interaksi di luar, saling kenal mengenal – berbagi cerita antar sesama pasien,” jelasnya.

Pelayanan yang diberikan kepada pasien dilakukan sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit. Misalnya, dari segi makanan. Makanan diberikan tiga kali dalam sehari.

Untuk menjaga agar kualitas makanan tetap terjamin kata dr Rizqo, pihaknya bekerja sama dengan sebuah catering. Agar gizinya tetap terjaga, mereka melibatkan konsultan spesialis gizi.

“Ini kenapa harus ada konsultan, karena makanan yang diberikan kepada pasien disesuaikan dengan keadaan pasien atau komorbid pasien yang bersangkutan. Karena di sini kan, pasiennya tidak sama, ada yang punya hipertensi, diabetes dan lainnya,” jelasnya.

Selain makanan kata dr Rizqo, pengelolaan kebersihan RS Darurat itu juga dipihak-ketigakan. Yang mengelola kebersihan adalah perusahaan cleaning service yang sudah berpengalaman mengelola kebersihan rumah sakit. Yaitu, perusahaan yang selama ini menjaga kebersihan RSUD Undata.

Tidak hanya soal makanan dan kebersihan, pihaknya juga memberikan layanan psikolog kepada pasien.

“Di sini kan banyak pasien yang stress. Ada yang stres karena keluarganya meninggal karena Covid. Nah, kita mencoba mendatangkan psikolog klinis untuk memberikan motivasi dan sebagainya kepada pasien,” katanya.

Fitri Kennedi Mastura, salah satu pasien yang tengah mendapat perawatan di RS Darurat itu mengaku, senang dengan pelayanan yang diberikan.

“Tiap hari dicek kesehatan. Kamar setiap hari dibersihkan, disapu dan dipel. Toilet bersih. Ada jemuran pakaian. Jadi kita bisa nyuci sendiri dan sekalian olaraga. Tenaga kesehatannya ramah banget,” kata Fitri.

“Saya bersyukur dapat ditempatkan dalam proses pemulihan di RS Darurat Covid ini (BPSDMD), lokasi sangat strategis dapat terjangkau jika ingin sesuatu, bersih, makanan untuk pasien yang beragam dan tentunya bergizi dan enak,” tambahnya.

Fitri juga mengapresiasi kepada Nakesnya yang memberikan pelayanan medis yang ramah dan cepat respon.

“Suasana yang happy seperti ini, semoga dapat diikuti oleh rumah sakit lain yang jadi rujukan pasien Covid, agar imum para pasien bisa cepat meningkat dan akhirnya bisa segera sembuh,” jelas Fitri.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas