ILUSTRASI - Relawan disuntik vaksin Covid-19. (Foto: Ist/ cnn.indonesia)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli mendpat jatah alokasi vaksin Covid-19 sebanyak 854 vial. Menurut rencana vaksin itu akan diterima pada pertengahan bulan Januari tahun ini.

“Sesuai  petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan RI bahwa pemberian vaksin ini akan diawali oleh pemerintah pusat pada pertengahan bulan januari tahun ini dan selanjutnya akan diikuti oleh seluruh daerah kabupaten dan kota,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Tolitoli, Anjasmara. Kamis (7/1).

Dia juga menjelaskan soal   pendistribusian vaksin dari Palu nantinya akan dikawal ketat petugas pengamanan dari unsur TNI dan Polri.

Sementara dalam pemberian vaksin akan dilaksanakan dalam 7 (tujuh) tahap. Tahap pertama adalah seluruh perawat yang namanya sudah terinput dalam sistem dan aktif melaksanakan pelayanan.

Tahap kedua akan diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti di terminal, di pelabuhan laut dan udara dan pelayanan umum lainnya. Tahap ketiga sasarannya adalah tokoh-tokoh masyarakat, para pelaku ekonomi dan pegawai perangkat daerah.

Tahap keempat vaksinasi diberikan kepada tenaga pendidik. Tahap kelima anggota legislatif serta para pegawai kementerian dan lembaga pemerintah yang ada di daerah. Tahap keenam kelompok masyarakat yang rentan dan terakhir tahap ketujuh adalah masyarakat sipil lainnya.

“Satu vial vaksin Covid-19  diberikan kepada 5 (lima) orang sehingga dari 854 vial yang akan diterima dapat diberikan kepada lebih dari 4 ribu orang di daerah ini,” jelasnya.

Sementara itu pengelola teknis vaksinasi Dinas Kesehatan Tolitoli, Mattalatta Tanra mengatakan, berdasarkan data yang ada, tenaga kesehatan di Kabupaten Tolitoli yang akan divaksin pada tahap pertama berjumlah 2.039 orang yang tersebar di Dinas Kesehatan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido Tolitoli, RSUD Hj. Zubaedah Bantilan Malala dan di 15 Puskesmas se Kabupaten Tolitoli.

“Jumlah tersebut belum termasuk tenaga kesehatan yang ada di kinik Kesehatan Polres Tolitoli, di Kesehatan Kodim 1305 Buol Tolitoli, di klinik Kesehatan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli, di klinik kesehatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tolitoli dan di KKP Tolitoli,” tukasnya.

Olehnya itu, tentunya  hal ini akan dilakukan pendataan seluruh tenaga kesehatan sehingga dapat diakumulasikan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Tolitoli. Dalam rapat koordinasi itu dihadiri oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A. Jacub, seluruh pengelola klinik kesehatan di luar unsur Pemerintah Daerah, seluruh Kepala Puskesmas dan sejumlah pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas