Home Sigi

Korban Gempa di Sigi Segera Dapat Rumah

20
TERIMA HUNTAP - Penyerahan kunci duplikat menandai acara penyerahan 72 Huntap daro Pemprov Sulteng ke Pemkab Sigi, di kantor gubernur, kemarin (8/1). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
  • Pemkab Sigi Terima 72 Hunian Tetap

Palu, Metrosulawesi.id – Para korban bencana alam di Kabupaten Sigi segera mendapat rumah baru. Ini setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi menerima 72 unit hunian tetap (Huntap) untuk para korban bencana alam di kabupaten itu.

72 huntap tersebut berasal dari Pemprov Sulteng yang diserahkan  secara simbolis dari Asisten I Setdaprov Sulteng, Bunga Elim Somba kepada Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapata di kantor gubernur Sulteng, kemarin (8/1).

Huntap yang dibangun Pemprov Sulteng berlokasi di Desa Pombewe. Menurut Asisten Bunga Elim Somba, pembangunan 72 huntap itu menggunakan dana APBD Provinsi Sulteng, sehingga Pemkab Sigi tidak mengeluarkan pembiayaan tambahan.

Asisten berpesan agar huntap tersebut diserahkan kepada warga yang berhal. “Atas nama pemerintah provinsi, kami serahkan rumah ini kepada Pemerintah Sigi untuk didistribusikan ke penerima yang berhak,” katanya.

Di bagian lain, Asisten mengatakan bahwa pengusulan SK perpanjangan rehab-rekon Sulteng pascabencana 28 September 2018 sedang diproses di pusat untuk mendapat persetujuan presiden.

“(Perpanjangan) SK itu untuk mengamankan proses-proses pekerjaan yang belum selesai sehingga teman-teman bisa melanjutkan dengan aman,” tambah asisten.

Bupati Sigi Moh. Irwan Lapata mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah provinsi yang telah membangun huntap sebagai ganti tempat tinggal kepada warga yang kehilangan rumah akibat gempa dan likuifaksi.

“Saya mengucapkan terima kasih tidak terhingga dari masyarakat Sigi kepada gubernur yang telah memberi penguatan dan perhatian atas bencana ini,” ucap bupati.

Pada kesempatan itu, turut diserahkan simbolis 432 bola lampu kepada Bupati Sigi untuk membantu penerangan huntap. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas