Home Sulteng

Batas Pengusulan Kenaikan Pangkat Akhir Januari

28
Asri. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola mengeluarkan surat edaran kepada pimpinan perangkat daerah terkait batas akhir kenaikan pangkat PNS. Dalam Surat edaran itu, gubernur mengingatkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulteng mana batas akhir kenaikan pangkat PNS periode 1 April 2021. Kepala BKD Provinsi Sulteng, Asri, mengungkapkan batas akhir penerimaan berkas di kantornya sampai 30 Januari 2021.

“Kalau untuk usul kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2021, penerimaan berkas mulai 1 Mei 2021 sampai dengan 15 Juli 2021,” ungkapnya, Jumat, 8 Januari 2021.

Asri mengatakan apabila sampai batas waktu yang ditentukan masih terdapat berkas yang terlambat maka akan diusulkan pada periode berikutnya. Olehnya diingatkan pejabat pengelola kepegawaian masing-masing OPD (organisasi perangkat dearah) agar melakukan pemberkasan usul kenaikan pangkat sesuai pedoman susunan berkas.

Selain itu, juga harus melakukan scan berkas dengan format PDF dan penamaan file scan sesuai dengan format yang telah ditentukan dengan besar maksimal file 3 MB dan melakukan verifikasi berkas usul sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Apabila berkas yang dimasukkan tak lengkap tentu tidak dapat diproses. Apabila dalam pemberkasan terdapat kesalahan dan format penamaan file yang tidak sesuai ketentuan maka usulan dikembalikan untuk diperbaiki dan diberi waktu 3 (tiga) hari dan apabila sampai batas waktu yang ditentukan belum dilengkapi, maka usulan akan diproses pada periode berikutnya,” ucapnya.

“Pengajuan berkas usul kenaikan pangkat dibuat 1 (satu) rangkap disertai surat pengantar yang ditujukan kepada Gubernur Sulawesi Tengah cq Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah,” tambah Kepala BKD.

Dia menjelaskan edaran gubernur menindaklanjuti Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS sebagaimana telah diubah PP Nomor 12 Tahun 2002.

Seluruh OPD lingkup Pemprov Sulteng diberitahukan terkait BKN akan melaksanakan proses mutasi kepegawaian, terutama kenaikan pangkat PNS dan Pensiun PNS/pejabat Negara berbasil less paper dengan penggunaan tanda tangan digital (digital signature) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung unggah dan unduh dokumen elektronik melalui https://docudigital.bkn.go.id. Diberitahukan pula terkait perubahan pelayanan kenaikan pangkat PNS berbasis digital, BKN Regional IV Makassar membuat Aplikasi EWAKO, yaitu aplikasi berbasis web yang dibuat dan digunakan sebagai pengganti berkas fisik usul mutasi kepegawaian pada Kanreg Regional IV Makassar.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas